Bojonegoro, Jamkesnews – Selama bulan Ramadhan di tahun 2021, Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro tetap memberikan pelayanan kepada Peserta. Namun, Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro Fathurrohman Kusuma menjelaskan Pelayanan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro pada bulan Ramadhan ini tutup lebih awal dibandingkan dengan hari biasa.

"Untuk Bulan Ramadhan ini, waktu pelayanan dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB, yaitu dilakukan penyesuaian jam operasional. Kalau pada hari biasa, jam pelayanan dibuka mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB, bahkan biasanya bisa lebih," ungkapnya pada Rabu (15/04).

Lanjut Rohman, sapaan akrabnya, BPJS Kesehatan setiap tahun melakukan menyesuaikan ketentuan jam kerja untuk bulan Ramadhan untuk memberikan kesempatan pegawai muslim melakukan rangkaian ibadah puasa. Kebijakan untuk tahun 2021 adalah waktu pelayanan dikurangi satu jam lebih awal.

"Meski terdapat pengurangan jam pelayanan, kami tetap mengoptimalkan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Terlebih lagi, pada masa pandemi Covid–19 yang masih berlangsung, kami tetap berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat walau dengan pembatasan pelayanan," ucapnya.

Tentunya BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro sangat mendukung himbauan dari Pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Hal ini dilakukan dengan cara mengurangi interaksi antara Peserta dengan Petugas BPJS Kesehatan melalui pembatasan layanan. Bagi peserta yang membutuhkan pelayanan administrasi dapat mengakses kanal layanan digital BPJS Kesehatan.

”Kami terus melakukan edukasi kepada seluruh masyarakat terkait jam pelayanan selama bulan Ramadhan tahun ini dan terkait kebijakan pembatasan pelayanan. Untuk pelayanan administrasi secara digital, dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN, Chat dan Voice Assistant CHIKA,  VIKA, serta BPJS Kesehatan Care Center 1500400,” jelas Rohman.

Sementara itu, Nanik (50) yang merupakan salah satu peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (BPPU) yang datang di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro, mengungkapkan bahwa dirinya mengaku puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh BPJS Kesehatan.

“Awalnya saya kira buka sampai sore seperti biasanya, ternyata waktu bulan puasa hanya sampai jam 2 siang. Untung habis makan siang tadi, saya langsung ke sini sekalian lewat. Saya merasa lebih mudah jika pelayanan ini terus berjalan, terutama di saat wabah Covid-19 seperti sekarang ini. Pelayanannya sudah sangat bagus, petugasnya tadi juga ramah dan ringkas dalam menjelaskan,” tutup Nanik saat ditemui di akhir pelayanan loket. (ar/wr)