Polewali, Jamkesnews – Sebagai upaya memperkuat koordinasi lintas sektoral, BPJS Kesehatan Cabang Polewali menyelenggarakan forum kemitraan dengan Badan Keuangan Daerah Kabupaten Polman, Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Kesehatan, direktur RSUD, perwakilan fasilitas kesehatan dan para pemangku kepentingan lainnya se-Kabupaten Polman, Senin (12/04). 

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Polman, Mukim menyampaikan bahwa penguatan sinergi oleh seluruh instansi diharapkan dapat menampung dan memecahkan masalah dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS. Di samping itu Mukim juga berharap adanya dukungan dari pihak fasilitas kesehatan.

“Pertemuan ini sebagai sarana diskusi untuk menyelaraskan pemahaman sekaligus sebagai wadah menyatukan tujuan, karena masih ada masyarakat yang menyampaikan masalah atau kendalanya terhadap pelayanan yang didapat dan merasa bingung ketika mendapat kendala saat hendak memperoleh pelayanan kesehatan, baik FKTP maupun FKRTL. Untuk itu, kami mohon BPJS Kesehatan beserta segenap pihak terkait, seperti manajemen fasilitas kesehatan, dapat kian menggencarkan upaya edukasi ke masyarakat,” ungkap Mukim.

Mukim juga memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan atas perannya selama ini. Ia pun menyampaikan harapannya agar ada kesepakatan dan komitmen dari seluruh pihak untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk peserta JKN-KIS.

“Untuk pemenuhan kebutuhan fasilitas kesehatan sekaligus implementasi antrean online pada FKTP maupun FKRTL nantinya akan ditindaklanjuti oleh instansi terkait. Lalu, tenaga medis juga akan dievaluasi oleh pemerintah daerah untuk melihat pemenuhan kebutuhan sesuai dengan ketentuan atau regulasi yang ada,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Polewali, Hery Zakariah memaparkan memaparkan jumlah peserta JKN-KIS di Kabupaten Polewali Mandar sampai dengan Maret 2021 yang telah mencakup 440.402 jiwa atau 83,90% dari total penduduk setempat.

“Kegiatan forum seperti ini sangat penting untuk dilaksanakan, karena sebagai bentuk evaluasi bersama dan juga sebagai pendorong dalam meningkatkan komitmen pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Polewali Mandar dan peserta JKN-KIS di wilayah setempat,” tuturnya.

Hery juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sejauh ini dan berharap kegiatan ini bisa meningkatkan komunikasi dan koordinasi pada seluruh pihak yang hadir.

 

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI