Jayapura, Jamkesnews - Guna mengoptimalkan pemahaman Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Jayapura melakukan sosialisasi kepada Anggota Satuan Brimob Polda Papua di Tribun Mako Satbrimob Polda Papua Jayapura, Rabu (14/04).

Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Papua, Ajudan Komisaris Besar Polisi (AKBP), Suroso mengingatkan kepada seluruh anggota yang mengikuti sosialisasi supaya memperhatikan betul hal-hal yang disampaikan agar tidak menjadi kendala selama mendapatkan pelayanan. 

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini personel kami bisa lebih memahami bagaimana cara mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku dengan memanfaatkan informasi yang didapat dalam kegiatan ini,” jelas Suroso.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Apriyanto Pontjapu mengatakan bahwa kegiatan ini juga untuk memperkenalkan inovasi BPJS Kesehatan seperti aplikasi Mobile JKN.

Aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk inovasi BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan kepada peserta. Banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh peserta dengan mengakses aplikasi Mobile JKN, seperti mengubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), KIS Digital, screening online, pengambilan antrian di fasilitas kesehatan, serta display tempat tidur.

“Selain Mobile JKN, layanan administrasi, informasi dan pengaduan juga dapat dilakukan melalui  BPJS Kesehaan Care Center 1500 400, Pelayanan Mobile Customer Service (MCS), serta Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) Rumah Sakit dapat disampaikan langsung di rumah sakit," ungkapnya. 

Di samping itu, lanjut Apriyanto, ada pula Voice Interactive JKN (VIKA) dapat dihubungi melalui 1500 400 dan langsung terhubung dengan BPJS Kesehatan Care Center 1500400, juga ada Chat Asistant JKN (CHIKA) cukup dengan chatting ke nomor 08118750400 melalui aplikasi Whatsapp, Telegram dan Facebook messenger BPJS Kesehatan.

Sebelum menutup acara sosialisasi, Komandan Batalyon A Pelopor, Kompol Suparmin menyampaikan bahwa dengan adanya sosialisasi kami mendapatkan informasi-informasi yang baru dari BPJS Kesehatan.

"Kanal layanan yang disampaikan tadi dapat memudahkan untuk mengurus kepesertaan kami dan tentu dari layanan tersebut kami sebagai peserta JKN-KIS dapat dengan mudah mendapatkan informasi maupun penyampaian pengaduan peserta. Pelayanan seperti ini yang dirasa sangat bermanfaat dan praktis bagi personil Satuan Brimob Polda Papua," ucap Suparmin. (TR/jr)