Morowali Utara, Jamkesnews - Pemerintah Daerah Morowali Utara bersama BPJS Kesehatan gelar acara Launching Universal Health Coverage (UHC) guna membangun hubungan dan komunikasi. Dalam kegitan tersebut juga dilakukan sosialisasi Program JKN-KIS kepada perangkat daerah dan masyarakat yang ada di wilayah Morowali Utara.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kantor Bupati Morowali Utara pada Kamis (01/04) secara offline dan online melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini turut dihadiri oleh perangkat daerah Kabupaten Morowali Utara, perangkat desa dan perwakilan Puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Morowali Utara.

Plh. Bupati Kabupaten Morowali Utara, Musda Guntur dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan ini merupakan bukti komitmen dan kepedulian pemerintah daerah Morowali Utara dalam menyukseskan Program JKN-KIS. Pemerintah juga telah mendukung dengan penyediaaan layanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat.

“Ini merupakan suatu bentuk komitmen dan kepedulian kami sebagai pemerintah daerah untuk menjamin kesehatan dari setiap masyarakat kami, karena itu saya harapkan Morowali Utara bisa mempertahankan UHC di angka 95% bahkan sampai 100%,” ungkap Musda.

Masda menambahkan hal yang harus diperbaiki adalah masalah data warga yang belum valid dan kurang, perlu ada pembaharuan data yang dilakukan secara terus menerus sehingga keberlangsungan UHC di kabupaten Morowali Utara bisa terus berlanjut.

“Data yang belum valid, NIK yang belum online harus segera kita lakukan validasi bersama dengan dinas-dinas terkait,” tambah Musda.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Luwuk, Arif Sugiharto mengatakan hal yang terpenting untuk menjaga Universal Health Coverage adalah peran serta seluruh pemangku kepentingan terkait dengan pengolahan data dan ketersediaan anggaran.

“Yang paling penting adalah peran serta kepala desa, camat, maupun dinas – dinas terkait untuk secara rutin memperbaharui data penduduk yang terdaftar sebagai peserta JKN, misalnya masyarakat yang telah meninggal dunia, pindah domisili dan yang paling penting masyarakat yang benar – benar tidak mampu agar segera diusulkan menjadi peserta yang ditanggung oleh pemerintah,” kata Arif.

Arif mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerimtah daerah Kabupaten Morowali Utara karena telah menjadi garda terdepan dalam menyukseskan Program JKN-KIS. (as/pw)