Tondano, Jamkesnews – Sebagai wujud perkuatan sinergitas hubungan antar lembaga khususnya dengan pemerintah daerah, BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara melakukan audiensi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa. Kegiatan tersebut dilakukan di rumah dinas Bupati Minahasa pada Jumat (26/03).

BPJS Kesehatan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa pada prinsipnya memiliki visi yang sama dalam mewujudkan keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Salah satu bukti nyata adalah pada tahun 2020, jumlah penduduk Kabupaten Minahasa yang telah didaftarkan ke dalam Program JKN-KIS kurang lebih mencapai 87.69% dari total jumlah penduduk di Minahasa.

Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring menyambut baik kehadiran tim BPJS Kesehatan dalam audiensi tersebut, beliau menyampaikan bahwa rekonsiliasi data sangat diperlukan dalam keberlangsungan kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa dalam Program JKN-KIS. Dalam pertemuan tersebut Royke juga mengungkapkan gambaran umum terkait kendala dan perkembangan Program JKN-KIS di Kabupaten Minahasa.

“Kami tentunya sangat mendukung Program JKN-KIS, upaya bersama sangat diperlukan dalam keberlangsungan program ini. Kedepannya perlu dilakukan rekonsiliasi data agar kerjasama ini bisa berjalan dengan baik,” ungkap Royke.   

Pada kesempatan yang sama, Chandra Nurcahyo selaku Deputi Direksi Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara BPJS Kesehatan mengaku sangat bersyukur dapat bertemu dan bersilturahmi langsung dengan Bupati Minahasa. Kegiatan seperti ini tentunya dapat menjadi ajang bertukar pendapat dan penyamaan presepsi demi membangun hubungan yang lebih baik.

Chandra menuturkan, pihak BPJS Kesehatan akan selalu terbuka membangun komunikasi dengan para pihak. Chandra juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Minahasa yang selama ini telah menjadi mitra yang baik bagi BPJS Kesehatan maupun fasilitas kesehatan.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban kami agar Program JKN-KIS dapat berjalan dengan baik sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan. Kami ucapkan terima kasih kepada Pemda Minahasa atas upayanya dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada masyarakat walaupun ditengah kondisi pandemi Covid saat ini,” tutur Chandra.

Kegiatan audiensi tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Kepala Bagian Protokol beserta jajaran pimpinan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara. (Ib/An)