Batam, Jamkesnews - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta, BPJS Kesehatan Cabang Batam menjalin kerjasama dengan RS Hj. Bunda Halimah per 9 Februari lalu. Kerjasama dengan RS yang terletak di Jalan Abulyatama tersebut secara langsung menambah jumlah Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) mitra BPJS Kesehatan di Kota Batam dari yang sebelumnya
20 menjadi 21 FKRTL.

Yusrianto selaku Pps. Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Batam mengatakan bahwa proses kredensialing telah dilaksanakan guna melakukan penilaian sebelum dilakukan kerjasama. Setelah dilakukan kredensialing, RS tersebut dinilai memenuhi kriteria untuk memberikan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Setelah kerjasama ini, kami harap RS Hj. Bunda Halimah dapat memenuhi komitmen pelayanan, karena kalau dilihat dari sarana dan prasarana sudah cukup baik, tinggal komitmen pelayanannya saja,” kata Yusrianto.

Diketahui bahwa komitmen pelayanan bagi mitra BPJS Kesehatan Cabang Batam antara lain adalah tidak melakukan pungutan biaya tambahan, tidak melakukan diskriminasi peserta, menyediakan sistem antrean elektronik, serta menyediakan sarana dan petugas pemberian informasi dan penanganan pengaduan bagi peserta JKN-KIS.

dr. Ibrahim selaku Direktur RS Hj. Bunda Halimah mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen akan memenuhi komitmen pelayanan. Tidak hanya itu ia juga mengatakan akan mencegah adanya fraud.

“Sebagai Ketua PERSI dan BPRS Provinsi, saya dan manajemen akan berupaya untuk memenuhi komitmen pelayanan,” kata Ibrahim.

Hal ini menurutnya sudah dapat dilihat dari sistem antrean elektronik yang sudah diimplementasikan melalui web RS Hj. Bundah Halimah. Peserta yang akan melakukan pendaftaran cukup memilih menu pendaftaran atau melalui whatsapp untuk informasi lebih lanjut.

“Tidak hanya memudahkan peserta melalui pendaftaran online, kami juga berencana melakukan penambahan fasilitas hemodialisa dan Cath Lab dalam waktu dekat,” kata Ibrahim.

Untuk sarana informasi dan penanganan pengaduan, RS Hj. Bunda Halimah juga mencantumkan link Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta mendapatkan informasi terkait pelayanan program JKN-KIS.

 

 

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI