Polewali, Jamkesnews - Pemberian Informasi Langsung (PIL) menjadi salah satu program dari BPJS Kesehatan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai Program JKN-KIS. Kegiatan PIL terus dilakukan hingga ke desa-desa, khususnya di wilayah yang sulit dijangkau. Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Polewali, Rosdiana Nasir, kegiatan PIL tersebut akan terus dilakukan ke seluruh pelosok desa yang ada di Polewali, yaitu Polewali, Majene, maupun Mamasa.

“Pemberian Informasi Langsung sangat penting, karena dengan program ini BPJS Kesehatan dapat menjangkau seluruh pelosok desa untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai Program JKN-KIS maupun mengenai kendala yang dihadapi masyarakat yang dapat ditanyakan secara langsung kepada kami," ujarnya, Senin (22/02). 

Rosdiana menambahkan, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat Polewali. Selain itu, pihaknya juga berkomitmen menghadirkan inovasi yang akan memudahkan peserta.

Sementara itu, Kepala Desa Pappang, Nabil Wijdan Al Hamdani mengharapkan agar kegiatan seperti ini rutin dilakukan. Misalnya setiap ada acara rutin, pihaknya akan mengundang instansi terkait untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan di era pandemi. 

“Harapannya sosialisasi ini rutin dilakukan agar masyarakat di sini mendapatkan wawasan dan pengetahuan. Kami mengundang BPJS Kesehatan untuk menjelaskan banyak hal seputar Program JKN-KIS. Jadi masyarakat dapat bertanya dan mendapatkan jawaban langsung dari petugas BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Ia menambahkan, sosialisasi seperti ini sangat penting dilakukan sebab BPJS Kesehatan dapat secara komprehensif menyampaikan informasi yang belum dipahami oleh masyarakat di sini, seperti prosedur pelayanan dan informasi terbaru dari BPJS Kesehatan itu sendiri.

“Harapan saya, yang pasti masyarakat dapat lebih paham mengenai Program JKN-KIS oleh BPJS Kesehatan, baik secara prosedur pemanfaatan maupun alur Pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang telah dijelaskan. Sehingga masyarakat tidak lagi kebingungan ketika memanfaatkannya,” tuturnya.

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI