Makassar, JamkesnewsSebagai langkah untuk mengoptimalkan mutu layanan kepada badan usaha yang telah mendaftarkan diri dan pekerjanya menjadi peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Makassar melakukan kunjungan langsung ke Yayasan Wakaf UMI, Selasa (16/02). Yayasan Wakaf UMI merupakan salah satu badan usaha mitra BPJS Kesehatan Cabang Makassar yang memiliki jumlah peserta JKN-KIS yang cukup besar di Kota Makassar.

Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan, dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Rini Oktaviani Nadjib menjelaskan bahwa, kegiatan silaturahmi ini bertujuan untuk memelihara hubungan baik, serta memberikan informasi terkini seputar penyelenggaraan program JKN-KIS. Menurutnya informasi yang diberikan akan berdampak signifikan pada peningkatan kepatuhan badan usaha atas hak para pekerjanya. Selain itu Rini juga menjelaskan kepada tim Yayasan Wakaf UMI terkait manfaat aplikasi new e-Dabu yang dapat dimaksimalkan dalam situasi pandemi seperti ini.  

“Sebenarnya dalam situasi pandemi seperti ini, jujur kami memang sebisa mungkin mengurangi kontak dengan pihak eksternal. Sehinggg saat ini kami memang lebih mengoptimalkan agar setiap badan usaha dapat memaksimalkan layanan aplikasi new e-Dabu. Karena dengan aplikasi ini, semua mekanisme administrasi kepesertaan telah terotomasi dalam satu aplikasi. Manajemen badan usaha dapat melakukan penambahan/pengurangan peserta, cek tagihan iuran bulanan, update data peserta, bahkan tersedia menu pendaftaran bagi badan usaha yang belum terdaftar. Jadi tidak perlu datang lagi ke Kantor BPJS Kesehatan atau kalau ada kendala dapat juga menghubungi Relation Officer yang menangani yayasan wakaf UMI,” terang Rini.

Sementara itu, Wakil Rektor II Universitas Muslim Indonesia, Salim Basalamah, selaku tim penanggung jawab kepesertaan JKN-KIS bagi seluruh pegawai Yayasan Wakaf UMI, mengungkapkan apresiasinya kepada tim BPJS Kesehatan yang hadir dalam rangka untuk saling bersilaturahmi dengan pihak Yayasan Wakaf UMI.

“Terima kasih atas kehadiran dari tim BPJS Kesehatan yang telah menyempatkan waktunya untuk melakukan silaturahmi bersama kami. Apalagi saat ini salah satu PIC yang sering berhubungan langsung dengan BPJS Kesehatan sedang sakit jadi dengan kehadiran dari tim BPJS Kesehatan hari ini setidaknya bisa menjawab beberapa pertanyaan dan kendala yang kami hadapi selama ini,” ujar Salim. (WR)