Ternate, Jamkesnews - BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk mempermudah peserta JKN-KIS dalam hal pembayaran iuran terutama bagi peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) salah satunya bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia Ternate. Bajak Pos (Bayar Iuran Jaminan Kesehatan Nasional melalui Kantor Pos) adalah salah satu terobosan yang dilaksanakan dalam perjanjian tersebut.

Kerja sama yang ditandatangani Kamis (21/01) menyepakati bahwa kurir atau oranger Pos akan melakukan edukasi sekaligus mengingatkan iuran JKN-KIS secara langsung kepada Peserta. Edukasi tersebut dilakukan pada waktu petugas melakukan pengantaran barang yang dikirim melalui Kantor Pos. Peserta yang ingin melakukan pembayaran iuran JKN-KIS dapat langsung membayarkannya kepada kurir atau oranger Pos tersebut. Atas pembayaran yang dilakukan tersebut, peserta akan mendapatkan bukti pembayaran seperti halnya pembayaran iuran pada channel pembayaran lainnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ternate Rinaldi Wibisono mengatakan bahwa BPJS Kesehatan optimis dengan kerja sama ini karena Kantor Pos memiliki jejaring kantor yang luas dan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. Hampir di setiap Kecamatan di Provinsi Maluku Utara terdapat perwakilan Kantor Pos.

“Kami meyakini luasnya jejaring yang dimiliki oleh Kantor Pos akan memudahkan peserta dalam hal pembayaran iuran JKN-KIS,” ungkap Rinaldi.

Rinaldi menambahkan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti kerja sama tersebut, salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara masif. Selain itu, BPJS Kesehatan juga akan membekali petugas kurir atau oranger Pos dengan pengetahuan seputar Program JKN-KIS agar kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar.

Kepala Kantor PT Pos Indonesia Ternate Muhammad Subhan menyambut baik kerja sama yang menurutnya dapat memberikan manfaat bersama baik bagi Peserta JKN-KIS, Kantor Pos maupun BPJS Kesehatan. Dia juga menyebut kerja sama ini merupakan salah satu bentuk dukungan Kantor Pos terhadap Program JKN-KIS yang menurutnya merupakan salah satu program yang telah banyak membantu masyarakat.

“Kami optimis kerja sama ini dapat menjadi solusi bersama, selain masyarakat dapat dengan mudah melakukukan pembayaran, kami juga dapat meningkatkan kegiatan transaksi,” tutup Subhan. (ap/hp)