Langsa,Jamkesnews - Salah satu fokus utama BPJS Kesehatan sebagai lembaga pelayanan publik adalah kepuasan peserta. Guna memberikan kemudahan untuk peserta, BPJS Kesehatan melakukan Sosialisasi Implementasi Permintaan Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di FKTP, yang diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom, Kamis (21/01)

Dalam sambutan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Nur Eva Parindury menyampaikan terima kasih kepada perwakilan dari FKTP yang telah hadir dan mengikuti sosialisasi ini. Nur Eva juga menyebutkan bahwa adanya PIPP di FKTP merupakan sebuah terobosan terbaru karena sebelumnya hanya ada di rumah sakit saja.

“Dalam memberikan pelayanan penanganan pengaduan Peserta di Faskes, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan unit di Fasilitas Kesehatan yang memiliki fungsi pelayanan penanganan pengaduan. Besar harapan kami nantinya setelah sosialisasi ini tidak ada lagi peserta dari FKTP yang datang ke kantor BPJS Kesehatan mengadu terkait kendala yang ada di FKTP, jika ada nantinya terjadi di FKTP dapat kita selesaikan bersama,” lanjut Eva.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Fitra Fahreza menjelaskan terkait Perpres Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang secara jelas menyebutkan bahwa peserta berhak untuk mendapatkan informasi mengenai peyelenggaraan Jaminan Kesehatan secara menyeluruh menyangkut hak dan kewajiban peserta.

“Tujuan Implementasi PIPP di FKTP tentunya meningkatkan kepuasan peserta melalui efektivitas proses pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta di FKTP, meningkatkan sinergi kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan FKTP dalam upaya peningkatan pelayanan kepada peserta, serta pengendalian atas perbaikan yang telah dilakukan. Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan pemberian informasi termasuk penanganan pengaduan” ucap Reza.

Untuk memastikan informasi penanganan pengaduan peserta, informasi diinput ke dalam aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP). SIPP merupakan sebuah kanal dimana informasi yang disampaikan kepada peserta dan penanganan pengaduan yang dilakukan serta diintegrasikan dalam sebuah sistem, sehingga dapat terdokumentasikan dengan baik.

Pada kesempatan yang sama PIC Klinik Sahabat, Sarah Auziah, mengungkapkan sosialisasi ini sangat membantu PIC FKTP untuk lebih mengetahui tentang aplikasi yang ingin dikembangkan dan tata cara penggunaan aplikasi tersebut.

“Manfaatnya lainnya terkait dengan adanya PIPP di FKTP. tentunya untuk memudahkan proses pengaduan yang dihadapi oleh peserta. Saya juga berharap dengan terbukanya informasi ini, pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dan FKTP semakin meningkatkan angka kepuasan peserta,” tutup Sarah. (fs)