Curup, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Curup melakukan spot check untuk melihat apakah para peserta dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) sudah mendapatkan haknya, Selasa (17/11). Langkah ini dilakukan karena BPJS Kesehatan bekerja sama dengan pihak ketiga dalam proses pendistribusian Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada peserta segmen tersebut. 

“Kami memastikan mereka sudah menerima kartu secara fisik karena kami bertanggung jawab dalam keseluruhan prosesnya sampai kepada peserta kita,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup Wely Trisna Aprinanda.

Diakui Wely bahwa kegiatan spot check kali ini dilakukan dengan metode sampling terhadap peserta JKN-KIS yang terdaftar dalam sektor PBI yang didaftarkan pada tahun 2020, sebab tidak memungkinkan jika dicek secara keseluruhan.

"Sejauh ini kami temui sudah sampai kepada peserta yang dituju. Kami juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong yang sudah melaksanakan proses distribusinya dengan waktu yang relatif singkat mengingat saat ini kita sedang pada kondisi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Adapun daerah yang dituju adalah Desa Pungguk Lalang yang terletak di Kecamatan Curup Selatan, Kabupaten Rejang Lebong.

“Peserta PBI kali ini merupakan peserta baru maupun yang sebelumnya sudah pernah menjadi peserta kita tapi kemudian dialihkan jenis kepesertaannya menjadi PBI yang iurannya dibayarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2020,” ujarnya.

Hermanto, salah satu peserta PBI yang mengaku sudah menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) dengan baik. Bahkan, keluarganya juga telah memanfaatkan kartu tersebut untuk berobat. 

“Alhamdulillah kami sekeluarga sudah dapat KIS. Kemarin bidan desa yang mengantarkan ke rumah dan memberitahukan bahwa kami sekarang bisa berobat dengan modal KIS ini. Juga tidak perlu membayar iuran setiap bulan karena sudah dibayarkan pemerintah. Rasanya bersyukur sekali kami masih diperhatikan oleh pemerintah, terima kasih,” ujarnya. (RW/ds)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI