Manokwari, Jamkesnews – Saat ini pandemi Covid-19 di Indonesia telah memasuki bulan kesembilan, akan tetapi keadaan tersebut tidak menyurutkan BPJS Kesehatan untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pemberlakuan physical distancing yang diberlakukan oleh pemerintah.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manokwari, Nur Fitria menuturkan bahwa guna mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19,  maka BPJS Kesehatan menerapkan pelayanan tatap muka terbatas dengan menerapkan 3M.

“Untuk menghindari penyebaran Covid-19 di area perkantoran BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, saat ini kami sudah memberlakukan pelayanan terbatas yang terbagi dua yaitu pelayanan tatap muka dan non tatap muka,” tuturnya, Senin (16/11).

Fitria menyampaikan bahwa pelayanan tatap muka hanya untuk beberapa segmen saja dan yang lainnya dapat melalui kanal pelayanan yang sudah disiapkan oleh BPJS Kesehatan. Bagi peserta, pelayanan tatap muka wajib menerapkan protokol kesehatan 3M.

“Pelayanan tatap muka saat ini baik di Kantor Cabang/Kabupaten, kami hanya melayani bagi peserta dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dengan hak kelas rawat kelas III dan Pensiunan, selain dari yang disebutkan dapat mengakses Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) 082238202635, Chat Asistant JKN (CHIKA) 08118750400, Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Untuk pelayanan tatap muka peserta wajib menerapkan 3M yakni Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak,” tuturnya.

Fitria menambahkan kanal yang disiapkan oleh BPJS Kesehatan guna memudahkan peserta JKN-KIS mengakses pelayanan administrasi dan layanan dari kanal tersebut hanya akan diproses dan dibalas saat jam kerja mulai dari jam 08.00 – 15.00 waktu setempat.

Sementara itu, Sammy Alfin Hattu (44) salah satu peserta JKN-KIS mandiri, memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan terhadap pelayanan yang didapatkan saat dirinya mendaftarkan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS.

“Saya puas dengan pelayanan yang saya dapatkan hari ini, petugas frontliner dan satpamnya ramah semua. Sebelum masuk, saya diarahkan untuk pergi cuci tangan yang telah disediakan dan di cek temperatur suhu. Saat sampai di frontliner, saya juga diberi penjelasan mengenai hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS serta dijelaskan prosedur pelayanan di fasilitas kesehatan,” ceritanya. (TR/em)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI