Mamasa, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Polewali melaksanakan kegiatan media gathering bersama media lokal dan LSM Kabupaten Mamasa, Rabu (18/11). Pada kegiatan tersebut, BPJS Kesehatan memberikan informasi terkait program terbaru yakni Pelayanan Administrasi via WhatsApp (PANDAWA) dan Program Registrasi Ulang (GILANG).

PANDAWA adalah pelayanan administrasi kepada peserta JKN-KIS melalui aplikasi WhatsApp, sehingga dapat mengurangi pelayanan secara tatap muka. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, sehingga dilakukan pelayanan tanpa tatap muka.

 Sedangkan GILANG yaitu registrasi ulang bagi peserta non PBI yang dinonaktifkan sementara terkait dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Program GILANG memudahkan peserta Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPUPN) dan juga pensiunannya, baik ASN dan TNI-Pori, untuk memperbarui data karena sebagian belum terisi NIK-nya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Polewali, Hery Zakariah mengatakan program PANDAWA dan GILANG merupakan inovasi BPJS Kesehatan yang diharapkan dapat membantu masyarakat Kabupaten Mamasa untuk mengurus permasalahan atau kendala yang dihadapi peserta.

“Program ini adalah inovasi BPJS Kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, khususnya terkait dengan pengurusan administasi melalui PANDAWA, jadi memungkinkan agar dalam pengurusan masyarakat Mamasa dapat mengakses secara langsung melalui Whatsapp tanpa perlu tatap muka di kantor kami,” jelas Hery.

Di samping itu, BPJS Kesehatan Cabang Polewali memberikan informasi mengenai Mobile JKN dan tata cara pembayaran iuran kepada perwakilan media dan LSM.

“Kami harap informasi ini dapat disebarkanluaskan kepada masyarakat, khususnya warga Kabupaten Mamasa. Kami mohon bantuan rekan-rekan media dan LSM dalam mengedukasi masyarakat Kabupaten Mamasa,” tambah Hery.

Sementara itu, Ketua DPP Media Online Busurnews.com, Alatas El mengatakan, kegiatan seperti ini merupakan wadah dan sarana ideal untuk saling bertukar informasi. Apa yang menjadi kendala informasi oleh masyarakat dapat disampaikan langsung kepada BPJS Kesehatan Cabang Polewali.

"Peran media dan LSM diharapkan dapat menyebarkan informasi tersebut kepada masyarakat, sehingga semua informasi dapat dipahami oleh masyarakat Kabupaten Mamasa secara keseluruhan. Jadi ketika ada masyarakat yang bertanya atau ada yang kebingungan bisa kami bantu. Kami akan bantu edukasi ke masyarakat Kabupaten Mamasa agar lebih memahami terkait Program JKN-KIS yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan," tutur Alatas. 

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI