Muara Bungo, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo memaksimalkan penggunaan media komunikasi digital berupa Pelayanan Administrasi Whatsapp (Pandawa JKN) sebagai salah satu akses bagi peserta untuk mendapatkan pelayanan selain di kantor BPJS Kesehatan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan peserta mendapatkan pelayanan dari mana saja tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan, selain itu juga untuk mengurangi tatap muka langsung selama masa transisi darurat Covid-19 ini.

“Peserta pada wilayah kerja Kantor Cabang Muara Bungo yaitu Kabupaten Tebo, Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Kerinci, dan Kota Sungai Penuh dapat mengakses layanan Pandawa ini dengan mengirimkan pesan whatsapp ke nomor 0811-74-500-40. Setelah itu peserta akan dilayani oleh admin PANDAWA dan diarahkan ke tiap-tiap staf frontliner untuk merespon pesan peserta,” ujar Purwanto Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Cabang Muara Bungo

Ia menjelaskan untuk pelayanan administrasi yang dapat dilayani melalui Pandawa diantaranya penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, ubah data identitas, ubah Fasilitas Kesehatan Tingkap Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal dunia, pengaktifan kartu kembali dan lainnya.

“Tidak ada perbedaan pelayanan antara tatap muka langsung ataupun melalui Pandawa, tim kami akan selalu memberikan pelayanan yang prima,” tambah Purwanto, Jumat (16/10).

Salah satu peserta yang memanfaatkan layanan Pandawa, Diah Putriyanti merasakan sangat terbantu dengan adanya Pandawa, semua menjadi lebih mudah dalam mengurus segala keperluannya terlebih lagi ia tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan, cukup di rumah saja mengirimkan pesan lewat aplikasi Whatsapp ke admin Pandawa.

“Layanan Pandawa ini sangat bagus, sudah bisa melayani peserta hanya dengan pesan singkat melalui aplikasi WhatsappSaya jadi tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan dan mengurangi tatap muka langsung selama masa pandemi ini,” ujar Diah.

Selain Pandawa, ada beberapa kemudahan akses pelayanan kepesertaan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan tanpa perlu datang ke kantor. Beberapa diantaranya yaitu Aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui App Store dan Play Store, kanal Chat Assistant JKN (CHIKA), dan juga Voice Interactive JKN (VIKA) yaitu pelayanan yang direspon oleh Bot pada media sosial seperti Telegram dan Whatsapp.(aw/ss)