Raja Ampat, Jamkesnews – Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat dalam menyejahterahkan masyarakatnya terbukti melalui pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) selama ini. Melalui koordinasi dan kerja sama bersama BPJS Kesehatan Cabang Sorong, seluruh masyarakat di Kabupaten Raja Ampat sampai di pelosok pulau terpencil dipastikan mendapatkan jaminan kesehatan melalui Program JKN-KIS.

“Melalui komitmen dari Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat, khusus untuk masyarakat di pulau-pulau terpencil di wilayah Raja Ampat dipastikan mendapatkan jaminan kesehatan Program JKN-KIS dengan mudah. Cukup hanya dengan membawa fotocopy Kartu Keluarga ke Kantor BPJS Kesehatan, masyarakat dapat langsung di daftarkan dan kartunya bisa langsung aktif di hari tersebut,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Ivan Ravian dalam sosialisasi di Kampung Yenbekwan, Distrik Kepulauan Sembilan, Jumat (16/10).

Ivan menambahkan, menindaklanjuti hasil Forum Komunikasi Kabupaten Raja Ampat beberapa waktu lalu bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat dan para pemangku kepentingan pelaksanaan Program JKN-KIS, diperlukan kunjungan serta sosialisasi secara menyeluruh kepada masyarakat di pulau-pulau terpencil terkait pentingnya kepesertaan Program JKN-KIS dan kemudahan yang didapati untuk terdaftar.

“Sosialisasi ini terkait pentingnya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, kemudahan yang didapatkan dan dukungan Pemerintah Daerah yang sangat berperan besar dalam kesejahteraan masyarakat di bidang jaminan kesehatan ini. Kami juga melakukan kunjungan dan sosialisasi ke beberapa pulau pelosok seperti di wilayah Kampung Yenbekwan Distrik Kepulauan Sembilan dan Kampung Yenanas Distrik Batanta Selatant," tambah Ivan.

Selaku Kepala Kampung Yenbekwan Distrik Kepulauan Sembilan, Daniel Nambraku yang mewakili masyarakatnya menyampaikan rasa syukurnya atas perhatian dari Pemerintah Daerah dan BPJS Kesehatan Sorong terkait jaminan kesehatan masyarakatnya. Ia pun berharap tak akan ada lagi masyarakatnya yang tidak dapat mengakses jaminan kesehatan di masa depan.

“Sangat bersyukur atas kunjungan dan sosialisasinya ke kampung kami. Masyarakat kami jadi lebih paham pentingnya jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan ini, apalagi sudah sangat dibuka jalannya dengan mudah oleh pemerintah daerah, terima kasih sekali. Semoga seluruh masyarakat kami bisa terjamin kesehatannya secara menyeluruh sehingga tidak ada lagi yang takut pergi berobat karena memikirkan biaya,” harapnya. (TR/ws)