Aceh Barat Daya, Jamkesnews – Aplikasi Mobile JKN merupakan salah satu inovasi dari BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk mempermudah proses dan penggunaan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Aplikasi yang dapat diunduh melalui Appstore atau Playstore dapat diakses oleh semua segmen peserta JKN-KIS juga menyediakan informasi-informasi terkini tentang Program JKN-KIS.

Mudahnya penggunaan aplikasi Mobile JKN ini juga diungkapkan Edy Fitri selaku Kepala Puskesmas Manggeng di sela-sela kegiatan download aplikasi Mobile JKN, Senin (28/09). Edy mengatakan bahwa ini merupakan inovasi yang sangat bagus untuk semua segmen, baik masyarakat sebagai peserta JKN-KIS maupun bagi pemberi pelayanan kesehatan seperti dirinya dan tim.

“Dengan adanya aplikasi ini tentu akan sangat memudahkan masyarakat yang datang untuk berobat karena semua informasi sudah tersedia pada aplikasi tersebut dan kami juga merasa terbantu untuk memverifikasi pasien yang datang walaupun tanpa membawa kartu cukup hanya dengan menunjukkan kartu elektroniknya yang ada pada aplikasi Mobile JKN," ungkap Edy.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya, Yumiarti menjelaskan bahwa petugas-petugas yang ada di Puskesmas tersebut dikenalkan dengan aplikasi Mobile JKN dengan tujuan agar dapat menjadi perpanjangan tangan dari BPJS Kesehatan untuk menyosialisasikan aplikasi tersebut kepada masyarakat yang datang ke puskesmas.

“Aplikasi Mobile JKN ini sangat bagus digunakan oleh peserta ataupun calon peserta, karena selain informasi yang lengkap juga mudah digunakan sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk memperoleh informasi tentang Program JKN-KIS dan dapat mencegah penyebaran covid-19,” papar Yumi.

Dirinya menambahkan selain informasi tentang JKN-KIS, pada aplikasi Mobile JKN juga terdapat skrining mandiri Covid-19, konsultasi dokter, ketersediaan tempat tidur, riwayat pelayanan dan lainnya.

“Coba download dan akses saja aplikasi Mobile JKN, nanti pasti akan ketagihan dengan kemudahan informasi yang didapat tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan,” tutup Yumi kepada tim Jamkesnews.(kn)