Aceh Selatan, Jamkesnews – BPJS Kesehatan kembali memperkenalkan sebuah inovasi berupa kanal bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berupa Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa), dimana seluruh pelayanan administrasi dapat diakses oleh peserta melalui aplikasi WhatsApp. Hal ini merupakan bentuk komitmen BPJS Kesehatan untuk mendukung pemerintah dalam menjalankan ketentuan social distancing di masa pandemi Covid-19.

Pelayanan yang dibuka adalah layanan pendaftaran untuk peserta Mandiri/PBPU dan juga segmen Pekerja Penerima Upah/PPU dimana peserta tinggal melakukan percakapan melalui aplikasi Whatsapp ke nomor yang telah ditentukan dan selanjutnya petugas BPJS Kesehatan akan melakukan respon dengan mengirimkan link untuk dapat diisi oleh peserta dan mengirimkan foto dokumen pendukung yang dibutuhkan. BPJS Kesehatan juga masih tetap membuka kanal layanan administrasi, pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta melalui aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dan CHIKA WhatsApp/Telegram 0811 8750 400.

“Peserta pada wilayah kerja Kantor Cabang Tapaktuan yaitu Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Singkil, Kota Subulussalam dan Kabupaten Gayo Lues kini dapat memanfaatkan kanal Pandawa dengan cara mengirimkan pesan melalui nomor WhatsApp ke nomor +62 82213822071, selanjutnya peserta akan dihubungi dan dilayani oleh petugas sesuai dengan kebutuhan pelayanan administrasi peserta tersebut,” terang Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tapaktuan, Abdurrahman kepada tim Jamkesnews pada Senin (28/09)

Dihubungi secara terpisah, salah seorang peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) asal Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan Wahyu (26) mengatakan, kehadiran program Pandawa ini sangat memberikan kemudahan dan kepastian bagi peserta JKN-KIS dalam mengakses layanan. Menurutnya, di tengah situasi pandemi saat ini, layanan tanpa tatap muka lebih dibutuhkan untuk mencegah penyebaran virus corona pada masyarakat.

“Hanya dengan dari rumah saja peserta tetap bisa mengurus administrasi terkait kepesertaan JKN-KIS, prosesnya sangat cepat dan mudah. Setelah pengurusan adminstrasi melalui Pandawa selesai, peserta dapat melihat perubahan status dan kartu kepesertaannya pada aplikasi Mobile JKN yang dapat di unduh melalui Playstore/ Appstore” tambah Wahyu. (tf)