Mappi, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Kabupaten Mappi menggelar kegiatan evaluasi pelayanan kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bersama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) se-Kabupaten Mappi, Jumat (25/09). Hal ini dilakukan untuk menguatkan FKTP sebagai gate keeper yang mempunyai fungsi kontak layanan peserta (first contact), pelayanan berkelanjutan (continuity), pelayanan paripurna (comprehensiveness) dan koordinasi pelayanan (coordination).

Kegiatan monitoring dan evaluasi FKTP tersebut membahas beberapa hal, di antaranya optimalisasi pelayanan Program Rujuk Balik (PRB), komitmen entry Primary Care (P-Care), capaian Kesan Pesan Peserta Setelah Layanan (KESSAN) serta Utilisasi Review (UR).

“Salah satu bentuk laporan pelayanan kesehatan yakni laporan kunjungan dan rujukan. Hal tersebut dapat terlihat pada aplikasi P-Care dan tentunya menjadi harapan kami agar FKTP dapat memaksimalkan pengentrian data pelayanan kesehatan melalui aplikasi tersebut. Termasuk klaim layanan kesehatan non kapitasi, beberapa berkas tidak dapat kami lanjutkan proses verifikasinya karena berkas belum lengkap," kata Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Mappi, Rosani Yarangga. 

Salah satu peserta kegiatan, Dokter Praktek Perorangan (DPP) Ira Nova O Jowangkay, mngungkapkan dirinya antusias mengikuti kegiatan evaluasi FKTP yang telah rutin dijadwalkan oleh BPJS Kesehatan. Selain kami mengetahui bagaimana pelayanan di FKTP, ia bisa mengevaluasi pelayanan kesehatan yang telah diberikan.

"Terkait dengan pelaksanaan PRB, saya sendiri sudah menjalankannya dan telah memiliki peserta yang aktif mengikuti program tersebut. Dengan PRB saya dapat melihat kemudahan bagi peserta JKN-KIS mendapatkan layanan kesehatan yang maksimal tanpa harus ke rumah sakit, pasien sudah bisa mendapatkan obat yang telah diresepkan sebelumnya,” katanya. (TR/ar)