Kebumen, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Kebumen mengadakan acara rekonsiliasi kepada 29 instansi di Kabupaten Kebumen, Kamis (24/09). Langkah ini dilakukan untuk memastikan kecocokan iuran JKN-KIS serta data kepesertaan JKN-KIS antara kedua belah pihak. Rekonsiliasi merupakan kegiatan pencocokan data antara data BPJS Kesehatan dengan instansi terkait sehingga kevaliditasan data yang mencakup iuran JKN-KIS dan kepesertaan JKN-KIS dapat terwujud dengan baik.

“Diharapkan output dari rekonsiliasi adalah kesetaraan dan kevalidan data terkait Program JKN-KIS antara instansi dengan BPJS Kesehatan. Kami juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi terhadap instansi yang sudah melakukan rekonsiliasi Program JKN-KIS ini. Acara rekonsiliasi ini juga agar update informasi mengenai Program JKN-KIS dapat tersampaikan dengan baik langsung ke instansi tersebut," kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen, Wahyu Giyanto. 

Wahyu juga menambahkan kegiatan ini dilaksanakan untuk persiapan pemberlakuan pembayaran via Virtual Account (VA) yang sebelumnya dalam bentuk billing. Hal ini dapat memberikan kemudahan dan validitas pembayaran transaksi iuran JKN-KIS. Harapannya rekonsiliasi ini dilaksanakan secara rutin sehingga kevaliditas data antara BPJS Kesehatan dengan instansi terkait dapat terwujud dengan baik.

“Evaluasi juga akan kami lakukan terkait validitas data kepesertaan maupun data iuran yang kami bayarkan sehingga kesetaraan data antara Puskesmas Pejagoan dan BPJS Kesehatan Cabang Kebumen dapat tercapai. Update indormasi juga kami dapatkan secara langsung mengenai Program JKN-KIS sehingga apabila terdapat pertanyaan di lingkungan intansi kami terkait JKN-KIS dapat kami jelaskan dengan baik," ungkap Person In Charge (PIC) Puskesmas Pejagoan, Yanik. (ma/rz)