23 Jul 2020
  |  
Dilihat : 707 kali

Mobile Customer Service Sambangi Masyarakat Kecamatan Batang Gansal

Tembilahan, Jamkesnews – Era new normal, BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan kembali hadirkan Mobile Customer Service (MCS) di Puskesmas Batang Gansal dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat yang jauh dari kantor pelayanan. Warga yang turut hadir cukup antusias untuk mendapatkan pelayanan administrasi, dan tentunya kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pelaksanaan MCS tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan Administrasi dan informasi seputar program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), seperti pendaftaran peserta baru, cetak kartu, perubahan data, maupun pendaftaran autodebet.

“Memasuki era new normal, MCS kembali dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, sarung tangan, serta menghimbau peserta agar tidak berkumpul pada satu titik. Selain itu disediakan hand sanitizer yang dapat digunakan oleh masyarakat ketika berkunjung sebelum mendapatkan layanan administrasi,” terang Duta BPJS Kesehatan Indra Nuari sebagai petugas MCS.

Indra menambahkan, MCS juga bertujuan mempromosikan aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh oleh peserta untuk mengakses informasi serta pelayanan administrasi secara cepat dan mudah tanpa harus datang ke Kantor Cabang/Kabupaten. Fitur pada Mobile JKN sangat lengkap, mulai dari pendaftaran online peserta, perubahan data peserta, permintaan informasi dan pengaduan keluhan, serta terdapat fitur terbaru yaitu konsultasi dokter dan screening mandiri Covid-19.

Riftono Nababan salah satu peserta dengan segmen Penerima Bantuan iuran (PBI) datang dan turut merasakan layanan administrasi melalui MCS.

“Saya datang kesini karena ingin mencetak kartu saya beserta keluarga yang sudah terdaftar, namun belum sempat mencetak kartu karena adanya Covid-19. Sesampainya disini, saya juga baru tahu ternyata kartu saya dan keluarga dibayarkan oleh pemerintah, sedangkan ketiga anak saya yang lain terdaftar sebagai peserta mandiri,” jelasnya.

Ia merasa senang dengan adanya MCS di Puskesmas Batang Gansal, sebab jarak yang ia tempuh justru lebih dekat dengan kediamannya.

“Sebelumnya tidak tahu apa itu MCS, saya mendapat kabar dari teman jika ada pelayanan dari BPJS Kesehatan di Puskesmas. Intinya cukup terbantu dengan adanya MCS ini, sebab perjalanan ke Puskesmas ini tidak ada setengahnya dari perjalanan yang harus saya tempuh jika pergi ke Kantor Kabupaten,” ujarnya.