25 Jun 2020
  |  
Dilihat : 39 kali

BPJS Kesehatan Wonosobo Gelar Rapat Rekonsiliasi Iuran PPU Pemda

Wonosobo, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Kebumen mengadakan rapat rekonsiliasi iuran Pekerja Penerima Upah Pemerintah Daerah (PPU Pemda) di Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Kamis (25/06). Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen Wahyu Giyanto menjelaskan, rapat rekonsiliasi dilakukan secara rutin setiap 3 bulan di setiap wilayah kerja Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kebumen yaitu Kabupaten Kebumen, Purworejo dan Wonosobo.

"Dengan adanya rekonsiliasi ini diharapkan catatan iuran JKN-KIS dapat secara detail tercatat dengan baik. Kami memberikan apresiasi penuh terhadap stakeholder terkait yang telah melakukan pembayaran iuran JKN-KIS dari segmen PPU Pemda dan sudah berperan aktif dalam Program JKN-KIS ini. Penyelarasan data iuran JKN-KIS yang sudah dibayarkan harus dilakukan agar diketahui jumlah iuran yang seharusnya sesuai dengan ketentuan,” ungkap Wahyu.

Sementara itu, Plh. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo Mohamad Riyatno menjelaskan tentang manfaat Program JKN-KIS untuk pelayanan kesehatan di masyarakat. Riyatno menyampaikan bahwa program ini adalah program yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena dengan JKN-KIS masyarakat tidak perlu khawatir dengan jaminan kesehatannya.

“Kami berterima kasih untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen yang sudah berinisiatif menyelenggarakan rapat rekonsiliasi untuk memastikan catatan keuangan yang ada di dinas dan catatan keuangan BPJS Kesehatan  sesuai dengan ketentuan. Program JKN-KIS ini dirasa sangat penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pembiayaan yang tiap bulan sudah direncanakan ini dapat memberikan suatu jaminan kesehatan yang sangat real untuk masyarakat,” tutur Riyatno

Ia pun menyebut, rapat rekonsiliasi ini diharapkan dapat menjadi sarana monitoring dan evaluasi terhadap perhitungan maupun penyetoran iuran JKN KIS segmen PPU penyelenggara negara untuk memastikan kepesertaan Program JKN-KIS tetap aktif. (ma/rz)