Palopo, Jamkesnews - Untuk meningkatkan kesadaran peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Palopo menggunakan Whatsapp Blast (WA Blast) melalui aplikasi Whatsapp untuk meningkatkan keaktifan peserta Program Rujuk Balik (PRB). Hal ini dilakukan guna mengingatkan mengambil obat setiap bulan.

"Yang kita ketahui bersama, kedisiplinan merupakan hal yang sangat vital dalam PRB. Diharapkan para peserta lebih disiplin dalam pengobatannya. Kami melihat fenomena terkadang banyak peserta yang lupa, padahal sudah ada prosedur untuk jadwal mengonsumsi harus rutin dan tidak boleh putus. Maka dari itu kami berupaya untuk bisa mencari solusi agar tidak terhindar dari hal-hal yang merugikan peserta atau pasien tersebut," ungkap Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Palopo Megawati, Jumat (29/05).

Ia menambahkan, pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Palolo kepada peserta akan selalu dimaksimalkan, karena yang terpenting semua merasa puas dengan pelayanan. Tidak ada niat lain selain, peserta bisa disiplin dalam pengobatannya.

"Di zaman sekarang, aplikasi Whatsapp menjadi kebutuhan komunikasi. Kami menjadikan hal tersebut sebagai media lebih dekat ke masyarakat. Karena adanya Covid-19 menjadikan tidak bisanya bertatap muka langsung, untuk itu media seperti inilah yang diperlukan untuk bisa menjadi perantara kami dengan peserta," kata Megawati.

Salah satu peserta PRB yang mendapatkan WA Blast, Rahma, mengatakan sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Palopo. Menurutnya, memberikan pelayanan maksimal merupakan tujuan penting bagi organisasi yang bergerak dalam pelayan publik. 

"Sangat bagus sekali, dan saya bersyukur karena sudah diingatkan untuk ambil dan konsumsi obat-obatan saya karena memang harus dikonsumsi secara rutin tanpa putus. Maklum saya kadang sering lupa, apalagi saat ini dibatasi untuk keluar rumah," ujar Rahma.

 (rh)