04 Mei 2020
  |  
Dilihat : 40173 kali

BPJS Cabang Bima Pantau Rasio Rujukan untuk Tingkatkan Kualitas FKTP di tengah Covid-19

BimaJamkesnews – Di tengah merebaknya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid- 19) tidak menghalangi semangat kerja BPJS Kesehatan Cabang  Bima  untuk tetap dapat meningkatkan kualitas hubungan kemitraan dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), salah satunya dengan memberikan feedback kinerja FKTP. Pada umumnya feedback diberikan secara formal dalam bentuk surat, namun untuk lebih membangun hubungan kemitraan yang lebih solid, feedback juga diberikan secara informal.

Salah satu yang rutin di-feedback adalah angka rasio rujukan yang dapat dihitung dengan rumus jumlah rujukan yang diberikan dibandingkan jumlah seluruh kunjungan yang dilayani oleh FKTP tersebut. Kedisiplinan FKTP dalam entry kunjungan di aplikasi P-Care sangat mempengaruhi angka rasio rujukan.

“Bulan Februari 2020 tercapai sebesar 16,15%. Kami berupaya mengendalikan angka rasio rujukan dengan cara mendatangi FKTP tersebut secara langsung. Hal ini dilakukan sebelum adanya wabah Covid-19 untuk bertemu langsung kepada pimpinan FKTP sehingga feedback dapat tersampaikan secara langsung dan FKTP juga dapat dengan cepat mengimplementasikan upaya pengendalian angka rasio rujukan,” ungkap Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Bima Hazmi, Senin (04/05).

Hazmi menambahkan angka rasio rujukan menjadi salah satu indikator penilaian Kapitasi Berbasis Komitmen yang dapat mempengaruhi jumlah kapitasi yang dibayarkan.

“Kami tidak ingin kapitasi yang dibayarkan BPJS Kesehatan tidak 100% hanya karena rasio rujukan yang tinggi,” kata Hazmi.

Ia juga menjelaskan di tengah wabah Covid-19 ini BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bima tetap melakukan feedback kepada pimpinan FKTP. Feedback yang disampaikan adalah tentang jumlah kasus yang belum diinput di P-care, yang sangat berpengaruh pada angka rasio rujukan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Penanae di kota Bima Hj Fitriani,SKM. MKES menuturkan feedback yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bima sangat baik dan efektif. Feedback rasio rujukan ini diharapkan dapat menjadi media monitor FKTP dalam peningkatan layanan JKN-KIS sehingga pembayaran kapitasi yang didapat FKTP sebanding dengan yang sudah dilakukan dan peserta dapat dengan puas terlayani di FKTP tersebut di tengah wabah Covid-19. 

“Kami mengapresiasi atas feedback yang dilakukan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bima karena dengan adanya feedback ini kinerja kami dapat termonitor dan dapat mengimplementasikan hal yang lebih baik lagi untuk meningkatkan pelayanan kami kepada peserta JKN-KIS,” tutur Fitri. (dh/ic).