03 Apr 2020
  |  
Dilihat : 246 kali

DITENGAH PANDEMI COVID-19, PELAYANAN BPJS KESEHATAN BUKITTINGGI UTAMAKAN PERLINDUNGAN BAGI PESERTA

Bukittinggi, Jamkesnews - Di tengah pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi tetap melayani peserta namun juga mengupayakan pencegahan penyebaran virus covid-19. Oleh karena itu BPJS Kesehatan mengarahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) dan calon peserta pada pelayanan Mobile JKN atau pelayanan daring lainnya, disamping itu pelayanan di kantor BPJS Kesehatan bersifat terbatas. Pelayanan terbatas tersebut yaitu palayanan administrasi tidak langsung yang tidak dapat ditunda kepada peserta yang  membutuhkan pelayanan kesehatan dengan segera di fasilitas kesehatan dimana peserta meninggalkan berkas persyaratan di kantor BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi Yessy Rahimi mengatakan pelayanan di kantor BPJS Kesehatan untuk kategori pelayanan yang bersifat urgent dan tetap mengedepankan antisipasi penyebaran melalui social distancing. Pelayanan tersebut terdiri dari pengakktifan kepesertaan anak dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang berusia lebih dari 21 tahun dan kurang dari 25 tahun, update data golongan dan gaji bagi peserta PPU PN, pendaftaran dan penambahan anggota keluarga PPU PN, update data identitas bayi (nama dan NIK), pendaftaran bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan, kartu Peserta tidak aktif atau perbaikan data ganda.

“Sejak tanggal 30 Maret kemarin, kami hanya melayani beberapa jenis pelayanan secara langsung dan yang bersifat urgent, selebihnya kami arahkan untuk mengakses pelayanan daring melalui aplikasi Mobile JKN, Website BPJS Kesehatan, Media Sosial BPJS Kesehatan, Care Center 1500 400 atau layanan VIKA (Voice Interactive JKN) dan layanan paling terbaru yaitu CHIKA (Chat Assistant JKN) yang dapat diakses melalui Facebook Messenger, CHIKA pada telegram dengan bot telegram https://t.me/BPJSKes_bot, maupun Whatsapp di nomor 08118750400, ucap Yessy.

Sementara itu, salah satu peserta haryati mengapresiasi langkah BPJS Kesehatan yang masih melakukan pelayanan di tengah pandemi Covid-19.

“Pelayanannya ramah dan sangat bagus. Sebelum masuk, saya diarahkan untuk mencuci tangan dan saya juga dites suhu badan. Setelah selesai pelayanan saya diberikan hand sinitizer oleh security saat keluar ruangan.” Ujar haryati