03 Apr 2020
  |  
Dilihat : 59 kali

Cuci Tangan Untuk Cegah Corona, BPJS Kesehatan Sediakan Wastafel

Balikpapan, Jamkesnews - Dalam keadaan pendemi virus corona, pemerintah menghimbau masyarakat untuk sering mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Hal tersebut dapat mengurangi resiko terkenanya virus Corona (Covid-19) kedalam tubuh seseorang. Dalam rangka mendukung hal tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan menyediakan wastafel yang dapat digunakan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ketika berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan. Peserta yang datang diminta untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mendapatkan pelayanan.

Kepala Bidang SDM, Umum, Komunikasi Publik dan Hukum BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan, Rio menyebutkan hal ini dilakukan dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19yang sebagaimana telah dihimbau oleh pemerintah pusat dan khususnya Pemerintah Kota Balikpapan.

"Fasilitas ini disediakan untuk digunakan oleh peserta yang datang ke kantor BPJS Kesehatan, peserta harus terlebih dahulu mencuci tangan sebelum mendapatkan pelayanan. Diharapkan dengan adanya fasilitas tersebut, dapat membantu peserta untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 serta kebutuhannya untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan tetap dapat terpenuhi," ujar Rio.

ia menambahkan selain adanya fasilitas cuci tangan, BPJS Kesehatan menyediakan handsanitizer dan tisu di sekitar ruang pelayanan. Disamping itu juga, peserta yang mau masuk kedalam ruang pelayanan akan dicek suhu badan terlebih dahulu serta ruang tunggu diatur jarak duduk dan antrian dari satu peserta dengan peserta lainnya.

Dalam menjalankan aktivitas pelayanannya, pegawai BPJS Kesehatan juga diminta untuk tetap menjaga kesehatan salah satunya dengan melakukan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga dan berjemur di pagi hari.

Sebagai informasi, BPJS Kesehatan menerapkan pelayanan terbatas tanpa mengurangi hak peserta untuk mendapatkan pelayanan. Saat ini, BPJS Kesehatan memberikan kanal layanan lain yang dapat dimanfaatkan melalui smartphone seperti melalui Aplikasi Mobile JKN, Layanan CHIKA dan Care Center 1500400.

Salah satu peserta yang berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan, Tia, menyebutkan dirinya merasa kebutuhannya terpenuhi dan mengapresiasi dengan adanya fasilitas tersebut.

"Bagus dengan adanya fasilitas gini, kita juga jadi terbantu untuk lebih menjaga diri. Mulai dari cuci tangan, menggunkan hand sanitizer sampai adanya tahapan pengecekan suhu sebelum masuk kedalam ruang pelayanan. Langkah yang baik bagi BPJS Kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona dan kebutuhan kami sebagai peserta BPJS Kesehatan masih dapat terpenuhi," ujar Tia.(KA/yo)