01 Apr 2020
  |  
Dilihat : 287 kali

BPJS Kesehatan Pontianak Ajak Peserta Manfaatkan Layanan Digital

Pontianak, Jamkesnews - Di tengah merebaknya pandemic virus corona di Indonesia, BPJS Kesehatan selaku badan pelayanan publik senantiasa terus memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Dengan menerapkan physical distancing sesuai arahan pemerintah, hal tersebut diharapkan mampu membantu mengurangi penyebaran virus corona.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Adiwan Qodar terus memantau secara ketat pemberian pelayanan serta edukasi kepada peserta dilingkungan BPJS Kesehatan Cabang Pontianak. Peserta JKN-KIS terus diberikan informasi dan diarahkan untuk memanfaatkan layanan digital.

“BPJS Kesehatan menyediakan layanan digital yang praktis dan masyarakat tetap dapat melaksanakan physical distancing. Cukup download aplikasi Mobile JKN beberapa layanan seperti pendaftaran peserta peserta mandiri, penggantian kartu hilang melalui tampilan KIS Digital, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) non peserta PBI, sampai pengaduan peserta dapat dilakukan," ungkap Adiwan, Selasa (31/03).

Adiwan juga menjelaskan selain menggunakan Aplikasi Mobile JKN, peserta juga dapat mengakses melalui  layanan Informasi dan Pengaduan Melalui Chat Asistant JKN (Chika) di nomor 08118750400 melalui aplikasi Chat seperti Facebook Messsenger, Telegram, dan Whatsapp. Serta Care Center 1500 400 yang dapat dihubungi peserta selama 24 jam.

"Kami sudah menerapkan kebijakan khusus untuk mencegah penyebaran virus corona. Kami akan berkomitmen untuk tetap melayani peserta dengan kebutuhan layanan tertentu di kantor cabang seperti pendaftaran peserta baru Pekerja Penerima Upah (PPU) khusus Pegawai Negeri, perubahan data peserta PBI, perubahan FKTP peserta PBI, pendaftaran bayi baru lahir peserta PBI, dan pengaduan peserta.

Salah satu peserta BPJS Kesehatan yang tengah berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Pontianak untuk melakukan pendaftaran bayi baru lahir untuk kakaknya, Devi (25) mengatakan jika sudah lama menggunakan layanan digital melalui aplikasi Mobile JKN.

"Saya sudah lama menggunakan aplikasi Mobile JKN, hal ini sangat membantu apalagi di tengah kondisi saat ini. Layanan digital seperti ini sangat tepat digunakan oleh masyarakat agar tetap bisa mengakses layanan BPJS Kesehatan tanpa harus keluar rumah. Semenjak menggunakan aplikasi ini, saya tak khawatir terlupa membawa kartu karena aplikasi Mobile JKN dapat menampilkan KIS Digital yang dapat digunakan untuk mendapat layanan kesehatan di fasilitas kesehatan". tutur Devi sembari menunjukan KIS Digital melalui ponselnya.

Selaku pimpinan BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Adiwan juga menyampaikan pesan kepada seluruh peserta JKN-KIS yang hadir di kantornya untuk tetap menjaga kesehatan tubuh mereka masing-masing. Tak lupa, ia juga berharap seluruh masyarakt untuk mendukung dan mengikuti protokol pecegahan virus covid-19 dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak aman dengan sesama.

“Layanan melalui media digital yang telah disediakan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat guna mencegah risiko penularan penyebaran virus covid-19. Dimanapun peserta berada dapat mengakses layanan tanpa harus mengunjungi kantor BPJS Kesehatan. Mari kita bersatu dan saling bergotong-royong untuk memutus siklus penyebaran virus covid-19 di bumi yang sangat kita cintai ini," tutup Adiwan.(RV/yl)