31 Mar 2020
  |  
Dilihat : 802 kali

Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Cimahi Terapkan Kebijakan Khusus

Cimahi, Jamkesnews - Untuk menjaga kondisi lingkungan kantor aman dari paparan virus corona (Covid-19), BPJS Kesehatan Cabang Cimahi lakukan penyemprotan cairan disinfektan di area pelayanan peserta dan ruang kerja, Selasa (31/03). Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar virus corona (Covid-19) khususnya di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Ilman Muttaqien menyampaikan bahwa sejalan dengan himbauan pemerintah, pihaknya berupaya melakukan pencegahan sebaik mungkin agar virus tersebut tidak cepat menyebar dan mempengaruhi layanan BPJS Kesehatan di kantor cabang. Sehingga, langkah-langkah pencegahan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah dapat diimplementasikan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 tersebut.

“Kita lakukan penyemprotan disinfektan di area layanan kantor BPJS Kesehatan. Selain itu, kami juga membekali petugas kami dengan masker, melakukan pembersihan area pelayanan secara rutin, melaksanakan physical distancing dengan mengatur jarak tempat duduk untuk peserta, penyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer untuk semua, baik itu pegawai ataupun peserta yang akan mendapatkan layanan di kantor BPJS Kesehatan,” jelas Ilman. 

BPJS Kesehatan Cabang Cimahi mengharapkan dengan adanya upaya-upaya yang telah dilaksanakan, dapat meminimalisir penularan virus Covid-19.

Senada dengan yang disampaikan oleh Ilman, Faisal yang pada saat itu bertugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cimahi berharap agar penyemprotan disinfektan ini dapat dilakukan secara rutin.

“Ini adalah salah satu upaya untuk menghambat penyebaran Virus Corona (Covid-19) dengan cara penyemprotan cairan disinfektan. Untuk tempat-tempat yang menjadi pusat layanan publik seperti ini, sebaiknya agar dapat melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara rutin. Kalau bisa dilakukan sesering mungkin, apalagi setiap harinya kan selalu didatangi orang yang berbeda-beda,” ujar Faisal.

Ilman menambahkan, arahan dari manajemen BPJS Kesehatan untuk penyesuaian pelayanan selama masa penanganan COVID-19 telah diterapkan sesuai prosedur. Sejumlah pelayanan BPJS Kesehatan sementara ditiadakan, seperti pelayanan Mobile Customer Service (MCS), sosialisasi/pemberian informasi langsung melalui forum pertemuan, dan kegiatan lainnya yang melibatkan pengumpulan banyak orang di satu lokasi. Meski demikian, ia menegaskan bahwa masyarakat tetap dapat mengakses layanan JKN-KIS dengan mudah melalui alternatif kanal lainnya.

Pelayanan administrasi yang biasanya dapat dilakukan di Kantor Cabang dan Kantor Kabupaten/Kota, dialihkan melalui aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500400. Layanan menggunakan aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 dapat mempermudah peserta melakukan urusan administratif tanpa harus mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan. (BS/dh)