31 Mar 2020
  |  
Dilihat : 512 kali

BPJS Kesehatan Cimahi Cegah Penyebaran Corona Dengan Sediakan Fasilitas Cuci Tangan

Cimahi, Jamkesnews - Demi memutus rantai penyebaran virus corona, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi mulai menerapkan upaya preventif. Selain penyemprotan cairan disinfektan dan menyediakan hand sanitizer di setiap sudut ruangan, BPJS kesehatan Cbang Cimahi juga menyediakan fasilitas cuci tangan bagi peserta JKN-KIS yang ingin mengakses pelayanan di kantor cabang.

Perlu diingat bahwa tangan memang yang paling sering menyentuh muka yang merupakan jalan masuk virus dari mulut, hidung dan mata kedalam tubuh manusia. Virus corona (Covid-19) yang telah menjadi sorotan utama seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dan dunia membuat berbagai kalangan semakin sadar dan gencar melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kebersihan yang berujung untuk kesehatan diri. Salah satu cara yang diyakini dapat bekerja secara efektif mencegah penularan virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

“Masyarakat dan peserta JKN-KIS yang berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Cimahi telah kami wajibkan untuk mencuci tangan di tempat yang telah kami sediakan sebelum mereka masuk ke area pelayanan. Karena kita tahu bersama, bahwa cuci tangan dengan sabun lebih efektif untuk membunuh bakteri dan virus di tangan,” ujar Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Ilman Muttaqien.

Harapannya dengan mudah ditemukannya sarana mencuci tangan dengan air yang mengalir untuk menjaga kebersihan seperti ini, tentunya dapat meningkatkan kesadaran dan semangat kepada semua masyarakat untuk menjaga diri dan kesehatan, mulai dari hal yang sederhana dan terkecil sekalipun yaitu mencuci tangan.

"Dengan adanya fasilitas yang telah kami sediakan, diharapkan seluruh peserta JKN-KIS dapat mematuhi protokol pencegahan virus corona yang telah kami terapkan di sini dan mengoptimalkan langkah tersebut sebagai upaya bersama-sama mecegah penyebarluasan virus," tambah Ilman.

Sementara itu salah satu peserta yang ditemui ketika berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Erni (36) mengapresiasi dan merasa nyaman dengan upaya maksimal yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi untuk mengurangi penyebaran virus corona seperti sekarang ini.

“Awalnya sih kaget ya saat diminta oleh security untuk mencuci tangan sebelum masuk ke dalam kantor BPJS Kesehatan dan bertemu petugas di dalam untuk menyerahkan berkas. Ini bentuk kepedulian yang baik dari kantor pelayanan publik seperti ini yang setiap hari didatangi masyarakat dalam mengantisipasi virus corona yang sekarang sedang menjadi pandemi,” kata Erni. (BS/h)