31 Mar 2020
  |  
Dilihat : 1300 kali

Cegah Virus Corona dengan Pola Hidup Bersih

Sorong, Jamkesnews – Seluruh masyarakat Indonesia maupun di seluruh dunia saat ini tengah menghadapi ancaman wabah virus corona atau Covid-19. Tanpa disadari, keberadaan virus ini membuat masyarakat dan pemerintah saling menjaga dan meningkatkan kesadaran dalam menerapkan hidup bersih sebagai upaya pencegahan penyebarannya.

Sebagai badan publik yang memberikan pelayanan untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan berupaya tetap mengoptimalkan antisipasi pencegahan penyebaran virus corona di wilayah kerjanya. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Sorong Sukris Setyobudi.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang aman dan nyaman untuk masyarakat dan pegawai BPJS Kesehatan. Maka dari itu, seluruh area Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong dan Kabupaten telah disterilkan dengan rutin menyemprotkan disinfektan, khususnya di area pelayanan. Setiap pegawai dan peserta JKN-KIS yang akan memasuki area kantor akan dicek terlebih dulu suhu badannya, serta diarahkan ke wastafel yang telah disediakan untuk cuci tangan," jelas Sukris, Selasa (31/03).

Ia menambahkan, masyarakat maupun peserta JKN-KIS tak perlu khawatir ketika berada di area pelayanan karena setiap petugas BPJS Kesehatan selalu menggunakan masker dan sarung tangan. Di area pelayanan juga telah diterapkan aturan social distancing dengan membuat garis batas layanan antar petugas dan peserta.

"Kami juga mengedukasi masyarakat yang berkunjung untuk menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat untuk menghindarkan diri dari virus corona," katanya.

Salah satu peserta JKN-KIS yang mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Dewi, mengaku mengapresiasi BPJS Kesehatan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menerapkan perilaku hidup bersih sebagai bentuk  pencegahan terhadap penyebaran virus corona.

“Saya setuju, pelayanan publik seperti BPJS Kesehatan ini sudah sangat tepat menerapkan upaya-upaya untuk pencegahan. Masyarakat seperti kami jadi lebih tenang kalau ke kantor untuk mengurus BPJS Kesehatan," ungkapnya kepada tim jamkesnews.(TR/ws)