27 Mar 2020
  |  
Dilihat : 208 kali

CHIKA dan VIKA Bantu Peserta JKN-KIS Akses Layanan dari Rumah

Jember, Jamkesnews - Merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 seperti saat ini memaksa banyak pelayanan publik yang masih melakukan tatap muka langsung, mengalihkan sistem pelayanannya menjadi daring (online). Termasuk pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) oleh BPJS Kesehatan yang saat ini memaksimalkan penggunaan aplikasi untuk melayani masyarakat, khususnya peserta JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember Antokalina Sari Verdiana saat ditemui pada Jumat (27/3) mengatakan bahwa saat ini Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jember melakukan pembatasan jam operasionalnya. Namun dia menerangkan masyarakat tidak perlu khawatir, pasalnya saat ini tersedia dua layanan komunikasi yang dapat menjawab pertanyaan dan keluhan dari masyarakat terkait program JKN.

"Dua layanan tersebut yakni CHIKA (Chat Assistant JKN) dan VIKA (Voice Interactive JKN)," kata Anto.

Dijelaskan Anto, CHIKA merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon melalui sistem atau artifical intelligence. Dengan memanfatkan media sosial (medsos) seperti WhatsApp, Telegram, dan Massenger Facebook, kini peserta JKN-KIS dapat mengajukan informasi dan pengaduan telepon pintar tanpa harus meninggalkan rumah.

"Melalui CHIKA ini, peserta JKN–KIS dapat mengakses pelayanan untuk cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data fasilitas kesehatan, maupun informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor BPJS Kesehatan terdekat melalui media sosial WhatsApp (08118750400), Facebook (BPJSKesehatanRI) maupun Telegram (https://t.me/BPJSKes_bot)," terangnya.

Sementara VIKA merupakan pelayanan informasi melalui mesin penjawab untuk mengecek status tagihan maupun mengajukan pertanyaan atau pengaduan terkait program JKN-KIS.

"VIKA ini sama dengan call center yang sudah ada. Masyarakat bisa menelepon ke nomor 1500 400 dan akan dijawab petugas kami langsung," tuturnya.

Dia menambahkan bahwa CHIKA dan VIKA dapat diakses 24 jam nonstop.

"Jadi nggak ada libur," imbuhnya.

Kemudahan dari CHIKA ini pun mendapat apresiasi dari peserta JKN-KIS salah satunya Nur Rahman (50), warga Jember. Rahman mengakui diusianya yang sudah tidak muda, terkadang membuat dia kesulitan untuk menjelajahi fitur pada aplikasi yang ada. Dengan adanya CHIKA ini dirasa sangat mudah dan sederhana untuk mendapatkan pelayanan sebagai peserta JKN dimanapun tempatnya.

"Saya ini kan sudah tua, kalau belajar aplikasi gitu saya minta anak atau cucu saya untuk ngajarin. CHIKA ini  sama kaya chat di WA  itu ya memudahkan sekali. Tinggal chat dan kita bisa langsung tahu informasi yang kita inginkan termasuk cek tagihan. Tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan lagi. Cukup dirumah saja." ungkap Rahman.

Selain CHIKA dan VIKA, peserta JKN-KIS juga dapat menggunakan aplikasi JKN Mobile untuk mengakses berbagai layanan seperti pendaftaran peserta baru, informasi tagihan, dan sebagainya. (ar/al)