24 Mar 2020
  |  
Dilihat : 212 kali

Jalankan Social Distancing,Selain Layanan Mobile JKN BPJS Kesehatan Tawarkan Layanan Informasi CHIKA

Jamkesnews, Bukittinggi - BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik mempunyai interaksi secara langsung dengan masyarakat, saat ini seluruh kantor BPJS Kesehatan wilayah Indonesia tengah meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19). Guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi telah menerapkan berbagai langkah agar pelayanan di kantor cabang tidak terganggu sesuai dengan Surat Edaran Direksi BPJS Kesehatan Nomor 12 Tahun 2020 tanggal 17 Maret 2020.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi mengatakan, BPJS Kesehatan dalam upaya pencegahan virus COVID-19, BPJS Kesehatan mengarahkan peserta JKN – KIS untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN maupun layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 untuk layanan kepesertaan di kantor cabang. Hal tersebut mulai diterapkan pada Senin (17/3) sebagai langkah untuk meminimalisir penyebaran dan penularan COVID-19 bagi peserta dan calon peserta JKN-KIS serta pegawai BPJS Kesehatan.

“Dimulai tanggal 17 Maret 2020 lalu ada beberapa layanan yang biasanya dilakukan di Kantor Cabang dan Kantor Kabupaten/Kota, kami mengarahkan ke aplikasi Mobile JKN dan Care Center1500 400. Di kantor cabang Bukittinggi sendiri telah menerapkan protokol jarak aman antrean dan jarak aman tempat duduk di ruang layanan frontliner. Semua demi keamanan dan keselamatan bersama. Kami harap peserta dan masyarakat juga turut membantu upaya pemerintah untuk melakukan social distancing agar memutus rantai penyebaran COVID-19,” ujar Yessy kepada Jamkesnews (24/03).

Lebih lanjut Yessy menjelaskan kepada tim Jamkesnews, selain layanan Mobile JKN dan layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dalam rangka social distancing untuk pencegahan virus COVID-19, BPJS Kesehatan juga menawarkan kepada masyarakat layanan CHIKA (Chat assistent JKN). CHIKA merupakan layanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon Artificial Intelilegence atau sistem. Layanan ini terdiri dari CHIKA pada Facebook Messanger, CHIKA pada telegram dengan bot telegram https://t.me/BPJSKes_bot dan CHIKA pada Whatsapp dengan nomor 08118750400.

“Intinya baik layanan melalui Mobile JKN, layanan Care Center, Layanan informasi CHIKA ataupun layanan-layanan yang harus tatap muka antara lain terbatas pada perubahan data peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) seperti identitas, ubah faskes dan pendaftaran bayi baru lahir serta selain peserta PBI yang membutuhkan pelayanan kesehatan segera atau sedang dirawat di fasilitas kesehatan, kami mengupayakan standar mutu pelayanannya tetap sama. Hanya saja dalam kondisi saat ini, kami menyarankan kepada peserta mengakses layanan BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN atau layanan lainnya untuk menghindari kontak langsung dan memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Kami tetap siap memberikan pelayanan prima bagi seluruh peserta JKN-KIS dan masyarakat luas,” ujar Yessy.

Dari pantauan Jamkesnews, setidaknya dua orang petugas security pelayanan mengarahkan peserta yang datang dipandu untuk mengakses layanan Mobile JKN dan layanan informasi CHIKA.

Adli (36) seorang peserta JKN – KIS yang datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan dalam upaya menjaga kualitas layanan kepada peserta disaat kondisi penyebaran virus COVID-19.

“Saya datang ke Kantor BPJS Kesehatan Bukittinggi untuk perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), saya diarahkan mengakses melalui Mobile JKN. Saya juga diberikan pemahaman layanan CHIKA sebagai layanan informasi mengenai JKN – KIS. Pelayanannya juga tetap ramah dan sangat bagus meskipun bermasker dan pakai sarung tangan plastik Saya juga dites suhu badan dan diberikan hand sinitizer oleh security saat mau masuk ruangan. Pelayanannya juga tetap ramah dan sangat bagus meskipun bermasker dan pakai sarung tangan plastik. Salut untuk pelayanan BPJS Kesehatan disaat kondisi seperti ini keamanan dan kenyamanan peserta diutamakan” ujar Adli.