12 Mar 2020
  |  
Dilihat : 13470 kali

KARYAWAN BANK PAPUA CABANG TIMIKA ANTUSIAS DOWNLOAD APLIKASI MOBILE JKN

Mimika, Jamkesnews - Sebagai Badan Hukum Publik yang mengelola program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan semakin gencar melakukan sosialisasi guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta mengenai Program JKN-KIS yang diselenggarakan, Kamis (12/03).

Sosialisasi dilaksanakan di Bank Papua Cabang Timika Kabupaten Mimika yang langsung dipaparkan materi oleh Kepala Kantor Kabupaten Mimika BPJS Kesehatan, Susan G Gasprsz. Sosialisasi dibagi dalam dua sesi yaitu sesi pemberian informasi oleh narasumber dari BPJS Kesehatan dan sesi kedua adalah sesi tanya jawab sekaligus seluruh karyawan Bank Papua diminta untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN.

Di era digital tantangan yang dihadapi tentu semakin besar, baik dalam dunia ekonomi maupun ranah pelayanan publik. Sebagai salah satu penyelenggara jaminan sosial, BPJS Kesehatan menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan terobosan untuk memenuhi kebutuhan peserta di era digital yaitu melalui aplikasi Mobile JKN.

“Aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk inovasi BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan kepada peserta, dimana aplikasi ini memiliki banyak fitur-fitur yang bermanfaat bagi peserta diantaranya adalah menu untuk mengubah fasilitas kesehatan tingkat pertama, memperbarui identitas peserta, melakukan skrining online, bahkan sekarang untuk pengambilan antrian di fasilitas kesehataan dan display tempat tidur sudah dapat dilakukan melalui aplikasi ini dan masih banyak menu lainnya. Bahkan, saat ini peserta tidak perlu lagi membawa KIS fisik untuk berobat. Cukup membuka menu “kartu peserta” di aplikasi Mobile JKN sudah bisa digunakan,” tambah Susan.

Peserta terlihat antusias mendengarkan penjelasan mengenai aplikasi ini, karena dengan adanya aplikasi ini peserta dapat mendapatkan banyak informasi mengenai Program JKN-KIS dan kepesertaan yang dimiliki.

Sementara sebelum menutup acara sosiaslisasi, Pimpinan Bank Papua Cabang Timika, Simon Giyai, mengucapkan terimakasih kepada BPJS Kesehatan yang telah merespon surat kesediaan untuk dapat memberikan sosialisasi Program JKN-KIS ini dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap aplikasi Mobile JKN yang dirasa sangat bermanfaat, praktis dan memudahkan dalam mengakses kepesertaan seperti yang sudah dijelaskan bahwa yang berhubungan dengan administrasi sekarang sudah ada dalam genggaman tanpa harus ke Kantor cukup mengakses melalui aplikasi Mobile JKN.

“Sebagai salah satu program unggulan pemerintah, Program JKN-KIS dibuat agar seluruh penduduk Indonesia mendapatkan hak dan manfaat yang sama dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Kami berharap, dengan adanya sosialisasi ini karyawan kami bisa lebih memahami bagaimana cara mendapatkan pelayanan kesehatan yang benar dan nantinya dapat disebarkan kepada keluarga dan masyarakat sekitar,” tutup Simon. (TR/jr)