12 Feb 2020
  |  
Dilihat : 26 kali

BPJS Day 2020, Bukti Komitmen Rumah Sakit Menteng Mitra Afia Tingkatkan Kepuasan Peserta

Jakarta Pusat, Jamkesnews – Dalam rangka memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat tentang penyelenggaraan Program JKN-KIS BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat menghadiri kegiatan yang bertajuk BPJS Day 2020, Selasa (11/02). Kegiatan yang dicanangkan oleh Rumah Sakit Menteng Mitra Afia itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat tentang Program JKN-KIS agar seluruh masyarakt dapat mengerti terkait tujuan hadirnya Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan itu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat Siti Farida Hnaoum mengungkapkan bahwa dengan diberlakukan penyesuaian iuran yang berlaku sejak 1 Januari 2020 sebagamaina tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019, membuat ekspekatasi peserta JKN-KIS terhadap pelayanan yang diberikan akan semakin meningkat dari sebelumnya sehingga untuk menjawab hal tersebut diperlukan usaha dan komitmen yang lebih lagi dari rumah sakit.

“Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Rumah Sakit Menteng Mitra Afia yang sudah mencanangkan kegiatan BPJS Day kali ini. Kami meyakini bahwa kegiatan ini menjadi salah satu langkah baik dari rumah sakit untuk meng-upgrade pegetahuan seluruh rekan-rekan disini terlebih bagi yang bekerja langsung berhadapan dengan peserta sehingga dapat memahami dan menguasai regulasi. Tak hanya paham, namun diharapkan juga mampu menyampaikan secara cepat dan tepat. Sehingga semua kendala dan permasalahan teratasi dengan baik,” tambahnya.

Selain memberikan pemahaman terkait Program JKN-KIS, Hanoum juga mendengarkan permasalahan-permasalahan yang sering terjadi di FKRTL seperti rujukan, pelayanan UGD, iur biaya, dan pembayaran klaim. Menurutnya, hal tersebut sudah bukan menjadi rahasia lagi di depan publik. Dengan begitu, ia menyebut bahwa dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh rumah sakit yang telah bermitra dengan BPJS Kesehatan ini dapat memberikan jawaban atas keresahan yang dirasakan oleh masyarakat tentang Program JKN-KIS.

Pada kesempatan yang sama Direktur Rumah Sakit Menteng Mitra Afia yaitu Enrico Adhitya Rinaldi mengungkapkan bahwa komunikasi menjadi hal yang penting dalam terjalinnya kerja sama yang baik dengan BPJS Kesehatan. Langkah kecil yang telah dilakukan melalui kegiatan BPJS Day  ini diharapkan menjadi awal yang kuat untuk menjadikan rumah sakit ini menjadi rumah sakit andalan dan tentunya dapat bersama-sama menyukseskan Program JKN-KIS.

“Peraturan yang berlaku tidak jarang memberikan efek yang besar baik itu bagi rumah sakit dan BPJS Kesehatan sendiri. Mungkin dulu kita berpikir mengapa seperti itu, mengapa terjadi hal yang demikian, tanpa mengetahui dari dua sudup pandang masing-masing. Saat ini waktunya untuk menyamakan sudut padang tersebut sehingga saat ini kita bisa terbayang dan saling memahami satu sama lain,” jelasnya saat ditemui Tim Jamkesnews.

Sejauh ini, permasalahan yang disampaikan oleh peserta yang hadir pada kegiatan ini dapat teratasi, dan di diskusikan secara bersama. Mudah-mudahan dengan membaiknya kondisi finansial BPJS Kesehatan, maka diharapkan tidak ada lagi isu dan keluhan di pelayanan. (WB/rr)