04 Feb 2020
  |  
Dilihat : 10423 kali

P. APDESI Harapkan Penjaminan Perangkat Desa Dalam Program JKN-KIS Dapat Tingkatkan Kinerja

Muara Uwis, Jamkesnews - Pemerintah kini menjamin kepala desa dan perangkat desa dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), hal tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Proses sosialisasi dan pendaftaran perangkat desa ke dalam program JKN-KIS terus dilakukan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Kali ini menyasar 3 kecamatan yaitu Muara Uwis, Muara Muntai dan Kota Bangun, kegiatan berlangsung di gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Muara Uwis, Selasa (04/02) yang dihadiri oleh perwakilan perangkat desa.

Kegiatan dibuka langsung oleh Camat Muara Uwis Arianto, ia mengatakan sangat terharu dengan kebijakan pemerintah ini.

"Terus terang saya sangat terharu dengan pemberian jaminan kesehatan kepada perangkat desa, kalau dulu hanya PNS yang dibayarkan oleh pemerintah tapi sekarang perangkat desa pun mendapatkan jaminan kesehatan," ungkap Arianto.

Ia mengharapkan agar seluruh perwakilan agar benar-benar memahami materi yang disampaikan agar tidak terjadi permasalahan saat pendaftaran dan pembayaran iuran peserta perangkat desa.

Sosialisasi disampaikan langsung oleh Kepala Kabupaten Kutai Kartanegara BPJS Kesehatan Susan Trisiana, dalam pemaparannya, ia menyampaikan tentang pentingnya bergotong royong dalam dalam program JKN-KIS.

“Salah satu prinsip dalam pengelolaan JKN-KIS, apabila ada satu peserta yang sakit jantung dan memerlukan operasi maka akan menghabiskan biaya sekitar 150 juta. Dari mana biaya tersebut diperoleh, tentu dari ribuan peserta yang sehat,” ungkap Susan.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kepala Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Perangkat Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (P.APDESI) Kabupaten Kutai Kartanegara Abdul Khoir mengucapkan sangat bersyukur dengan jaminan kesehatan yang diperoleh aparat desa.

"Kami ucapkan syukur dan terimakasih kepada pemerintah baik pusat maupun daerah atas penjaminan kesehatan kepada kepala desa dan perangkat desa. Saya sangat mengharapkan program ini terus berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi perangkat desa," jelas Kepala Desa Kota Bangun Seberang ini kepada Tim Jamkesnews.

Abdul Khoir juga mengingatkan kepada perangkat desa agar penjamin kesehatan oleh pemerintah ini dapat meningkatkan kinerja seluruh perangkat desa.

"Sebelumnya untuk memperoleh jaminan kesehatan bagi perangkat desa harus mendaftar sebagai peserta mandiri, dengan kebijakan pemerintah ini tentu harus disyukuri dan tentunya harus dapat meningkatkan kinerja perangkat desa," tutup Khoir. (KA/ej)