Mimika, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Jayapura menyosialisasikan Perjanjian Kerja Sama tahun 2020 bersama empat rumah sakit (RS) di Kabupaten Mimika, Selasa (04/02).

Sosialisasi dilaksanakan di RSUD Mimika di hadiri empat perwakilan rumah sakit yang menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan yakni, RSUD Mimika, Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM), Rumah Sakit Kasih Herlina dan Rumah Sakit Tembagapura

“Hari ini kami melaksanakan kegiatan sosialisasi perjanjian kerja sama tahun 2020, yang hadir juga semua direktur dan jajaran empat rumah sakit di Timika ini, dan diakhiri dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama. Artinya kami pastikan bahwa tahun 2020 Program JKN-KIS ini akan dilayani di empat rumah sakit yang ada,” Jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah.

Tidak hanya itu, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan sistem terbaru yakni sistem antrean elektronik yang terhubung dengan aplikasi mobile JKN. Hal tersebut juga merupakan peningkatan – peningkatan mutu layanan.

“Kita juga menghimbau ke rumah sakit agar menerapkanbsistem antrean elektronik, agar peserta JKN-KIS bisa nyaman di rumah sakit, karena antrean itu sudah bisa diambil lewat handphone dan surat rujukan juga sudah ada di aplikasi sehingga peserta tidak perlu lagi bawa kertas rujukan, peserta dapat lebih mudah mengambil antrean dimana saja dan dapat mengontrol sendiri jam kunjungannya, sehingga peserta tidak lama menunggu untuk mendapatkan pelayanan dokter,” tutur Djamal.

Dikatakan manfaat dari sistem antrean elektronik adalah kecepatan dan kepastian layanan. Sistem ini dapat mempersingkat waktu layanan peserta dengan mobilitas tinggi dan harapannya semua rumah sakit dapat menindaklanjuti.

Diakui sebenarnya sistem ini sudah berjalan di tahun 2019, tetapi belum semua rumah sakit menerapkan. Diharapkan ditahun ini sistem antrean elektronik ini bisa berjalan sehingga pasien dari rumah dan dimanapun berada sudah dapat mengambil antrean tanpa harus mengantri lagi di fasilitas kesehatan.

Sekretaris Rumah Sakit Mitra Masyarakat Mimika, Supangat menyampaikan juga bahwa RSMM Mimika akan menggunakan display ketersediaan tempat tidur yang terhubung dengan aplikasi Aplicare milik BPJS Kesehatan, dan juga merespon positif terhadap antrean elektronik.

“Mudah-mudahan sistem dan perangkatnya bisa didukung rumah sakit agar semua rumah sakit dapat menerapkannya bahkan FKTP juga. Beberapa yang sudah jalan di Kabupaten Mimika yakni RS Kasih Herlina dan RS Mitra Masyarakat,” tutupnya. (TR/jr)