21 Jan 2020
  |  
Dilihat : 2929 kali

DISPLAY MONITOR KETERSEDIAAN TEMPAT TIDUR DI RSAL MANOKWARI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN

Manokwari, Jamkesnews – Kepala RSAL dr. Azhar Zahir Manokwari selalu berkomitmen meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta JKN-KIS dan seluruh pasien yang berkunjung ke RSAL. Peningkatan kualitas pelayanan yang diterapkan saat ini adalah dengan penyediaan sarana prasarana dan keterbukaan informasi bagi peserta JKN-KIS dan seluruh masyarakat.

Ketika ditemui oleh Tim Jamkesnews, Senin (20/01), Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. Azhar Zahir Manokwari dr. Birril Qudsi Sp.B mengatakan bahwa dirinya selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan di RSAL dr. Azhar Zahir Manokwari salah satunya adalah penerapan display monitor ketersediaan tempat tidur.

“Pemasangan display monitor ketersediaan tempat tidur bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSAL Manokwari demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN-KIS dan seluruh masyarakat. Dengan adanya display monitor ini  peserta dapat mengetahui ketersediaan tempat tidur sehingga bisa mengetahui berapa dan jenis kamar yang tersedia jika harus dirawat inap ke RSAL dr. Azhar Zahir Manokwari,” ujar Birril.

“Selain data ketersedian tempat tidur, pada display monitor tersebut ditampilkan juga jadwal praktek dokter  sehingga Pasien dengan mudah mendapatkan informasi untuk menentukan waktu kunjungan,” tambah Birril.

Sementara itu, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Manokwari, M. Taufiq Sofrizal mengapresiasi penerapan display monitor di RSAL dr. Azhar Zahir Manokwari karena penempatannya tepat dan selalu menampilkan data yang realtime.

“Pemasangan display monitor  di RSAL dr. Azhar Zahir Manokwari sangat tepat dan sangat membantu peserta JKN-KIS dan masyarakat karena ditampilkan di Ruang UGD dan Ruang Pendaftaran sebagai pintu awal masuk pasien. Peserta dapat melihat dengan jelas jumlah dan kelas kamar yang tersedia. Selain itu data ketersediaan tempat tidur tersebut sudah ditampilkan di Aplikasi Mobile JKN dan update datanya realtime sehingga peserta yang akan berkunjung ke RSAL dr. Azhar Zahir Manokwari dapat mengecek di aplikasi Mobile JKN,” ujar Taufiq

Donal Markus Karubuy sebagai Peserta JKN-KIS yang berdomisili di Manokwari juga mengapresiasi display monitor ketersediaan tempat tidur di RSAL dr. Azhar Zahir Manokwari dan berharap dapat diterapkan di semua rumah sakit di Manokwari dan sekitarnya.

“Kami sangat terbantu dengan adanya keterbukaan informasi ini sehingga kami dapat mengetahui adanya jaminan tempat tidur jika akan menggunakan layanan kesehatan di RSAL dr. Azhar Zahir Manokwari,” ungkap Karubuy.

Karubuy juga menambahkan semoga Rumah Sakit yang ada di Manokwari dan sekitarnya dapat mencontoh dan menerapkan display monitor seperti ini.

“Jika semua Rumah Sakit telah menerapkan display monitor ketersediaan ruang perawatan rawat inap maka peserta JKN-KIS dan seluruh masyarakat yang ingin memanfaatkan pelayanan kesehatan rawat inap merasa terbantu dalam hal pilihan fasilitas kesehatan,” tutup Karubuy. (TR/jp)