Solok Selatan, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Solok melalui Program Organization Social Responsibility (OSR) Tanggap Bencana Alam menyerahkan bantuan untuk korban banjir bandang di Solok Selatan, Selasa (03/12). Bantuan langsung diserahkan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok, Rizka Adhiati kepada Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria didampingi oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dra. Prasinta Dewi, M.A.P.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok ketika meninjau lokasi bencana alam yang terjadi di Pinti Kayu Gadang, Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, mengungkapkan rasa prihatin karena puluhan pemukiman sudah berantakan diterjang banjir bandang.

"Saya tidak bisa membayangkannya, sebelumnya hanya melihat di media saja. Sekarang saya langsung ke lokasi, ini sangat memilukan. Justru itu, kami BPJS Kesehatan Solok datang ke Solok Selatan untuk menyerahkan bantuan ini," ungkap Rizka.

Dalam memberikan bantuan, Kepala Kantor Kabupaten Solok Selatan sudah berkoordinasi terlebih dahulu dengan Walinagari Pakan Rabaa Timur terkait apa yang dibutuhkan pengungsi saat ini, agar OSR tepat sasaran.

Sembako yang diserahkan BPJS Kesehatan selain beras, telur, mie instan, sarden, minyak goreng, popok bayi, juga ada 25 set kasur, bantal, dan selimut. Karena masa tanggap darurat akan berakhir Kamis (5/12) ini, sehingga apa yang direalisasikan BPJS Kesehatan hari ini bisa dimanfaatkan ketika pengungsi sudah pindah ke tempat sementara.

"Mudah-mudahan yang kami berikan ini dapat membantu meringankan beban pengungsi bencana alam di Solok Selatan, karena mereka tidak punya apa-apa lagi selain pakaian yang melekat di badan pasca banjir bandang menghadang," ujar Rizka.

Di lokasi bencana, Rizka pun mendapat informasi korban bencana akan dipindahkan ke rumah sewaan. Tentu harapan BPJS Kesehatan, ulas Rizka, agar bantuan yang disalurkannya untuk segera dapat direalisasikan kepada korban bencana.

"Harapan kita bantuan ini untuk dapat disalurkan kepada yang betul-betul membutuhkan seperti 25 KK yang rumahnya tidak bisa lagi ditempati, karena sudah dirusak banjir bandang. Kita harap bantuan ini untuk dapat segera diserahkan pihak Pemkab Solsel atau dinas terkait, sebelum pemindahan pengungsi ke rumah sewaan," terang Rizka.

Rizka berharap Pemerintah Daerah dengan BPJS Kesehatan tetap bersinergi, baik untuk program OSR yang bersifat umum, maupun kebencanaan. 

Sementara, Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria berterima kasih atas bantuan yang telah disalurkan oleh BPJS Kesehatan. “Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh korban bencana di pengungsian, karena saat ini mereka tidak memiliki apa-apa kecuali dengan adanya bantuan dari semua pihak, ujar Muzni. (aw/ar)