Probolinggo, Jamkesnews - BPJS Kesehatan terus berupaya menjangkau masyarakat yang jauh dari kantor pelayanan. Hal ini bagian dari pelayanan prima yang senantiasa digaungkan. Mobile Customer Service (MCS) adalah satu inovasi yang mendekatkan layanan kepada masyarakat. Dengan mengusung konsep layanan “jemput bola” diharapkan masyarakat yang kesulitan mendapat layanan administrasi bisa lekas teratasi. Kabupaten Probolinggo merupakan satu dari tiga wilayah kerja untuk BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan. Sebanyak 24 kecamatan dimiliki kabupaten ini dengan Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) berada di Kraksaan.

Pekan ini, layanan MCS bergerak ke Barat Daya Kabupaten Probolinggo. Kecamatan Kuripan menjadi tujuan pertama saat menjangkau masyarakat setempat. Di temui usai pelayanan, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Muhammad Khoirul Saleh, menuturkan jika kegiatan semacam ini selalu rutin dilakukan. Ia ingin masyarakat di Kabupaten Probolinggo merasakan kemudahan yang sama dalam pengurusan administrasi BPJS Kesehatan.

“Ya, Ini menjadi solusi yang harus terus kami lakukan. MCS kan kita bawa mobil lengkap dengan perlengkapan pelayanan. Istilahnya kita bawa mini kantor ke sini. Harapannya tentu bisa membantu masyarakat lebih banyak. Yang belum bisa datang ke kantor, bisa mengurus lewat MCS ini. Jenis layanan yang diberikan pun sama dengan yang di kantor. Ada pendaftaran peserta baru, perubahan data kepesertaan, pencetakan kartu, sampai pemberian informasi seputar JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat),” tutur Khoirul, sapaan akrabnya.

MCS yang dilakukan di Kantor Kecamatan Kuripan ini sukses menyedot animo masyarakat. Hal ini terlihat dengan jumlah antrian peserta yang terus meningkat. Sekitar 60 peserta hadir dalam layanan ini. Mereka berbondong-bondong mengurus kepesertaan pribadi maupun keluarga. Sementara itu, Camat Kuripan, Saniwar, mengapresiasi sekaligus berterima kasih dengan hadirnya MCS di wilayahnya. Ia senang lantaran banyak warganya yang terbantu karena tak lagi menempuh perjalanan jauh saat mengurus JKN.

“Mewakili seluruh masyarakat Kecamatan Kuripan, kami berterima kasih sekaligus senang dengan adanya program MCS di sini. Jarak tempuh ke Kraksaan sangatlah jauh, butuh waktu 2 jam untuk bisa pergi ke sana. Belum lagi antri dan lain sebagainya. Tentu hadirnya MCS memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk memperoleh layanan yang mereka inginkan. Harapannya layanan seperti ini terus berlanjut, semakin banyak lagi masyarakat yang terbantu dengan adanya MCS khususnya BPJS Kesehatan,” terang Saniwar, saat ditemui di sela-sela layanan, Selasa (03/12).

Di sisi lain, salah seorang warga Kuripan, Suyatmi (59) yang datang ke MCS hari ini mengaku puas dengan layanan yang sudah diberikan. Ia bersyukur ada layanan BPJS Kesehatan yang mau datang mendekati domisilinya.

“Pelayanan sangat bagus sekali dan bermanfaat sekali. Sangat membantu sekali buat rakyat di desa, soalnya mereka tidak sampai ke Kraksaan (KLO BPJS Kesehatan Kabupaten Probolinggo, red) dan Dringu (Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo, red) yang kalau ke sana harus menempuh perjalanan jauh,” ungkap Suyatmi.