11 Jan 2019
  |  
Dilihat : 14 kali

Tak Perlu Takut Berobat dengan JKN-KIS

Narasumber : Eka – Peserta JKN-KIS

Cikarang, Jamkesnews – Menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah salah satu hal yang sangat disyukuri Eka (24). Wanita asal Cikarang ini terdaftar sebagai peserta JKN-KIS beserta keluarganya dan ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah kami sangat terbantu dengan adanya Program JKN-KIS ini. Kami juga sangat menghargai peran Pemerintah Daerah yang memperhatikan masyarakat seperti saya sehingga kami pun bisa memperoleh perlindungan jaminan kesehatan di kala sakit," ujar Eka saat ditemui di kediamannya, Jumat (11/01).

Selama mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), tidak pernah ada iur biaya yang dibebankan kepada Eka dan keluarga. Ia yang sebelumnya harus mengeluarkan biaya sendiri saat ingin mendapatkan pelayanan kesehatan sehingga berobat termasuk hal yang harus dipikirkan berulang kali sebelum dilakukan, kini ia tidak lagi terbebani akan hal tersebut.

“Saya sangat berharap program ini dapat terus berjalan dan semakin baik ke depannya. Selain itu, saya melihat semakin banyak juga masyarakat yang terbantu dan merasakan manfaat dari Program JKN-KIS ini terutama untuk menjamin kesehatannya. Jadi sekarang tidak ada lagi masyarakat yang takut datang ke klinik atau rumah sakit karena memikirkan beban biaya yang harus ditanggung," kata Eka mengutarakan harapannya.

Tidak hanya di fasilitas kesehatan, Eka juga mendapatkan pelayanan yang baik di Kantor BPJS Kesehatan, terutama di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cikarang. Pelayanan yang ramah mulai dari petugas keamanan sampai dengan petugas loket dirasakan oleh Eka.

“Bapak security-nya sangat ramah dan menanggapi dengan sabar. Pertanyaan-pertanyaan saya dijawab dengan sopan. Terus terang saya juga terkesan karena seorang petugas security pun bisa memberikan penjelasan dengan baik sekali tentang prosedur JKN-KIS, hingga hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS. Kantornya juga bersih dan tidak berantakan, sehingga saat mengantri pun kita merasa nyaman,” jelas Eka.

Program JKN-KIS adalah program bersama, dengan dukungan dari semua pihak, khususnya masyarakat Kabupaten Bekasi, program ini akan berjalan sesuai dengan tujuan yang diamanatkan oleh undang-undang. Program JKN-KIS mencakup seluruh lapisan masyarakat baik yang bekerja di sektor formal maupun informal. Masyarakat pun juga bisa memilih jenis kepesertaan sesuai kemampuan finansial masing-masing, bisa kelas I, kelas II, atau pun kelas III. (HK/nf)