10 Jan 2019
  |  
Dilihat : 248 kali

PRB Memudahkan Peserta Dalam Mengambil Obat Kronis

Narasumber : Treesje Moningka

Tomohon, Jamkesnews - Program Rujuk Balik merupakan salah satu program BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta dalam mengambil obat. Untuk peserta yang telah terdiagnosa penyakit kronis namun relatif stabil tentu terasa menyulitkan apabila mengambil obat kronis harus ke rumah sakit terlebih dahulu. Dengan adanya program PRB ini peserta cukup datang ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama melakukan konsultasi dengan dokter yang ada di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama tersebut dan selanjutnya mengambil obat di apotek PRB yang terdaftar.

Treesje Moningka (64 Tahun) peserta Program JKN-KIS telah merasakan manfaat program PRB ini. Treesje yang sebelumnya terdiagnosa hipertensi di tahun 2014 dan kemudian menderita penyakit jantung coroner di tahun 2016 telah menjadi peserta PRB sejak tahun 2014. Penyakit yang dideritanya menurut dokter disebakan karena terlalu capek bekerja dan kurang istirahat. “Semenjak dokter memvonis penyakit tersebut sempat membuat saya khawatir dengan kondisi saya terlebih pada biaya yang harus dikeluarkan. Namun dengan adanya Kartu JKN-KIS ini begitu sangat meringankan beban saya karena penyakit saya ini dapat terkontrol dengan baik dan dapat mengkonsumsi obat kronis rutin tanpa biaya sedikitpun.” Ujar Treesje saat ditemui tim Jamkesnews, Kamis (10/01). 

Pelayanan obat kronis program dari BPJS Kesehatan menurutnya sangat baik. Kurang lebih 5 tahun dirinya menjadi peserta kronis tidak pernah merasakan kendala dalam pengambilan obat. Dirinya juga mengungkapkan dari dokter keluarga yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sangat baik dalam memberikan pelayanan, konsultasi yang diberikan dokter juga mudah dimengerti sampai di apotek petugasnya pun sangat ramah dan pelayanannya sangat bagus. “Saya ke apotek untuk mengambil obat kronis semuanya tersedia di apotek dan tidak pernah mengeluhkan obat kosong di apotek,” tambahnya.

Harapan Treesje untuk Program JKN-KIS BPJS Kesehatan dan Pogram Rujuk Balik (PRB) dapat terus berjalan sehingga orang-orang yang memiliki penyakit kronis dan sudah stabil seperti dirinya tidak harus datang ke Rumah Sakit untuk mendapatkan obat. (tm/ap)