06 Des 2018
  |  
Dilihat : 106 kali

KIS SETIA MENEMANI DISAAT SEHAT MAUPUN SAKIT

Narasumber : Peserta PBI APBN

Sintang, Jamkesnews – BPJS Kesehatan sebagai badan penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), juga mendapat amanah dari pemerintah dalam memberikan bantuan perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang kurang mampu yang selanjutnya diklasifikasikan kedalam program Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN.

Marzuki (35), adalah pria asal Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Merupakan peserta JKN-KIS yang terdaftar sebagai peserta segmen PBI APBN, yaitu peserta yang iuran JKN-KIS nya ditanggung oleh Pemerintah Pusat.

Dengan hanya berbekal penghasilan yang serba pas-pasan sebagai buruh bangunan lepas, dirinya hanya mampu untuk mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari. Namun ia juga  mengaku sering mengalami gejala hipertensi akibat kelelahan dari resiko pekerjaannya tersebut. Pada saat ditemui tim jamkesnews di kediamannya, ia pun berbagi cerita mengenai manfaat program JKN-KIS yang dirasakan selama ini.

“Pekerjaan saya ini kan capek banget mas, pergi pagi pulang sore terkadang malam hari. karena itu darah tinggi saya sering kambuh dan harus berobat ke Puskesmas atau rumah sakit, nah waktu saya sakit itu gak ada yang bisa bantu biaya berobat saya mas jika bukan KIS ini. pokoknya kartu ini setia menemani saya sewaktu sehat maupun sakit,” ungkap Marzuki.

Di akhir percakapannya bersama tim jamkesnews, Selasa (06/12) Marzuki menambahkan bahwa dirinya tidak merasakan adanya perbedaan pelayanan kesehatan baik di Puskesmas maupun di rumah sakit serta mengucapkan terima kasih atas kepemilikan Kartu Indonesia Sehat dirinya.

“Saya sering berobat di Puskesmas dan rumah sakit, pelayanannya cukup bagus mas. Tenang aja nggak dibeda-bedain antara pasien BPJS dengan umum semuanya dijamin asalkan sesuai prosedur, saya juga berterima kasih sekali kepada Pemerintah Pusat untuk Program JKN-KIS nya dan BPJS Kesehatan karena telah memberikan perlindungan kesehatan kepada rakyat kurang mampu seperti saya,” tutup Marzuki (FR/aa)