08 Nov 2018
  |  
Dilihat : 16 kali

Program JKN-KIS sangat membantu masyarakat

Narasumber : Bhawikarama Damarputra – Wiraswasta

“Program JKN -KIS  membantu masyarakat karena dengan program yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan ini, masyarakat dapat berobat tanpa khawatir biaya”

Jakarta Timur, Jamkesnews - Persepsi tentang perlu jaminan sosial saat ini memang belum banyak disadari oleh masyarakat keseluruhan. Tidak begitu dengan Bhawikarama Damarputra (25 Tahun) yang lebih sering disapa Rama. Seorang wiraswasta yang terdaftar sebagai peserta PBPU kelas 3 ini beranggapan bahwa hadirnya jaminan sosial khusus nya kesehatan membuat dirinya dan keluarganya tenang tanpa khawatir tingginya biaya pengobatan.

“Program JKN-KIS sangat membantu masyarakat karena dengan program yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan ini, masyarakat dapat berobat tanpa khawatir biaya” kata dirinya.

Rama sendiri terdaftar sebagai peserta JKN-KIS semenjak Bulan November 2017 dan terdaftar di Klinik Putewa. Ia mengaku belum sekalipun menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat dan ia berharap tidak sakit. Ia berkeyakinan bahwa iuran yang telah dia bayarkan tidak hilang, namun sedang digunakan oleh orang lain, ketika nanti dirinya sakit, dirinya juga pasti dibantu oleh peserta JKN-KIS yang lain.

“Saya mendaftar sebagai peserta JKN-KIS untuk berjaga-jaga saja, apabila nantinya saya dan keluarga saya memerlukan tapi saya tetap berharap kedepannya sehat terus” tandasnya. Ia juga sudah merasakan perkembangan pelayanan dari program JKN, tapi ia berharap semoga Program JKN-KIS ini tidak berhenti berinovasi dan selalu terus berkembang mengikuti perkembangan jaman.

Salah satu inovasi yang ia akui manfaatnya dari BPJS Kesehatan adalah aplikasi Mobile JKN. Dengan aplikasi Mobile JKN ia dapat mengakses pelayanan kepesertaan tanpa harus jauh – jauh datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Rama mengatakan bahwa dengan hadirnya aplikasi Mobile JKN ia dapat berobat menggunakan kartu KIS digital ketika ia lupa membawa kartu KIS, ia juga dapat mengganti fasilitas tingkat pertamanya hanya melalui aplikasi tersebut.

Diakhir perbincangan rama berpendapat bahwa program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan merupakan program yang sangat baik. Dengan semangat gotong royong, biaya pelayanan kesehatan yang sangat mahal bisa diatasi. Ia pun memiliki harapan kedepannya agar Program JKN semakin maju, yaitu sarana dan prasarananya ag ar lebih ditingkatkan.(PG/cp)