08 Nov 2018
  |  
Dilihat : 1149 kali

BERSAMA MEMAJUKAN JKN-KIS

Narasumber : Surya – Petugas Pengawas Ketenagakerjaan Kota Bogor

Bogor, Jamkesnews- Balai Pelayanan Pengawasan Ketenagakerjaan merupakan salah satu stakeholder yang mendukung Program JKN-KIS, instansi ini berperan sebagai pengawas ketenagakerjaan dalam menegakan kewajiban para pelaku usaha atau pemberi kerja dalam mempekerjakan pekerjanya.

Salah satu kewajiban pemberi kerja adalah memberikan jaminan kesehatan bagi pekerjanya melalui Program JKN-KIS dengan mendaftarkan seluruh pekerjanya berikut keluarganya.

Pemberi kerja tidak seluruhnya patuh dalam melaksanakan kewajibannya, mereka sebenarnya mengetahui akan kewajibannya tetapi tetap saja tidak menjalankan kewajiban tersebut, maka dari itu diperlukan peran petugas pengawas untuk menegakan kepatuhan dari para pemberi kerja.

Surya merupakan Petugas Pengawas Ketenagakerjaan khusus daerah Kota Bogor mengatakan bahwa Program JKN-KIS ini adalah program luar biasa hebat yang harus ada untuk menjamin kesehatan seluruh penduduk Indonesia.

“Saya sebagai Petugas Pengawas Ketenagakerjaan memiliki dapat berkontribusi dalam Program JKN-KIS yaitu memastikan bahwa seluruh pemberi kerja mendaftarkan pekerjanya kedalam Program JKN-KIS,” ujar Surya.

Surya menambahkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku bahwa setiap pemberi kerja wajib mendaftarkan seluruh pekerjanya dengan membayarkan iuran sesuai dengan gaji pokok ditambah tunjangan tetap, terkadang ada saja pemberi kerja yang tidak mendaftarkan seluruh pegawainya serta tidak membayarkan iuran sesuai dengan pengahasilan para pekerjannya.

“BPJS Kesehatan sebagai pengelola Program JKN-KIS memiliki petugas pemeriksa dalam menegakan kepatuhan, kami berkolaborasi dalam melaksanakan tugas menegakan kepatuhan tersebut agar program ini berjalan sesuai dengan visi dan misi program yang telah ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia, sehingga melalui sektor ketenagakerjaan saya bersama sama dengan BPJS Kesehatan berharap dapat membuat para pekerja yang sehat sehingga meningkatkan produktifitas para pekerja dalam bidang perindustrian maupun bidang usaha lainnya, karena dengan demikian investor dari luar negeri pun tertarik jika pekerja di Indonesia tingkat produktifitasnya tinggi karena kesehatan mereka terjamin” tandas Surya.