08 Nov 2018
  |  
Dilihat : 1156 kali

Menyentuh Langsung Peserta JKN-KIS

Narasumber : Cicih – Kader JKN-KIS

Program Yang Hebat Perlu Didukung Oleh Kesadaran Pesertanya, Disinilah Peran Kader Jkn-Kis Hadir Untuk Menyentuh Langsung Peserta Jkn-Kis Untuk Mengingatkan Akan Kepatuhan Membayar Iuran Maupun Memberikan Sosialisasi Langsung Dari Rumah Ke Rumah Kepada Peserta ”

 

Bogor, Jamkesnews- Program JKN-KIS merupakan program yang sangat hebat perlu dukungan semua pihak untuk mensukseskannya, seperti peran Kader JKN-KIS yang berperan langsung menyentuh para penduduk yang sudah terdaftar kedalam Program JKN-KIS.

Para Kader JKN-KIS berasal dari masyarakat, tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat. Sesuai fungsinya Kader JKN membantu masyarakat dalam hal sosialisasi dan edukasi, pengingat dan pengumpul iuran, serta memberikan informasi dan menerima keluhan seputar pelaksanaan program JKN-KIS.

Penasaran ingin mengetahui bagaimana kegiatan para Kader JKN-KIS dilapangan  kami mencoba mengikuti kegiatan Kader JKN-KIS wilayah Bogor Selatan Cicih dalam menjalani tugasnya, Cicih sendiri merupakan mantan dari Kader Posyandu di Kecamatan Bogor Selatan sehingga sudah dikenal oleh banyak warga.

Cicih menjadi Kader JKN-KIS semenjak April 2017, biasanya beliau mulai berkunjung tiap rumah kerumah dari jam 8 pagi  dimana tugasnya dalam melakukan penagihan iuran juga menginformasikan dokter keluarga, system pembayaran  iuran dan pendaftaran peserta.

“Dengan saya menjadi Kader JKN-KIS, saya jadi tahu bagaimana upaya BPJS Kesehatan sebenarnya dalam memberikan pelayanan kepada peserta, memberikan informasi, serta menjadi petugas pengingat dan pengumpul untuk pembayaran iuran secara tepat waktu, banyak dari Peserta yang menunggak itu tidak sadar akan kewajibannya dalam membayar iuran. Semoga dengan adanya kami sebagai mitra BPJS kesehatan dapat membantu untuk memberi kesadaran pentingnya Program JKN-KIS ini” ujar Cicih

Bagi BPJS Kesehatan adanya Kader JKN-KIS membantu peningkatan kolektabilitas iuran peserta, terutama yang menunggak. Figur kader yang dikenal baik oleh masyarakat diharapkan dapat membantu peserta yang kesulitan dalam melaksanakan kewajibannya membayar iuran.

“Saya merasa bangga karena turut aktif dalam menyukseskan program yang sedang diutamakan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. Untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa kami merupakan mitra resmi dari BPJS Kesehatan, kami wajib menggunakan atribut Kader JKN setiap melaksanakan tugas, antara lain topi bertuliskan Kader JKN – KIS, jaket/vest coklat bertuliskan Kader JKN – KIS, pin, name tag/identity card dengan foto, dan membawa Surat Tugas dari Kantor Cabang BPJS Kesehatan," ungkap Cicih. (hr)