05 Des 2019
  |  
Dilihat : 4607 kali

Lewat JKN-KIS, Pemerintah Bantu Bayi Uswatun Lahir Dengan Selamat

Narasumber : Uswatun, Peserta PBI APBN

Sintang, Jamkesnews – BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan mutu layanan dalam segala aspek untuk meningkatkan kepuasan dan kemudahan kepada seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan tersebut salah satunya dirasakan oleh Uswatun Hasanah (28), seorang ibu rumah tangga warga Desa Jerora Satu Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang.

Sejak tahun 2017, Uswatun, begitu ia  biasa disapa, beserta sang suami telah terdaftar dan menerima kartu KIS sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN. Dalam kesehariannya, Uswatun yang suaminya adalah seorang buruh harian lepas inipun  merasakan manfaat program JKN-KIS pada saat kehamilan dan kelahiran anak keduanya.

“Pengalaman saya waktu hamil anak kedua kemarin, saya selalu kontrol menggunakan kartu JKN-KIS. Waktu itu saya sering sakit-sakitan sehingga harus berobat ke puskesmas terdekat. Semasa kehamilan saya juga rutin kontrol di Puskesmas. Saya merasa kondisi saya begitu diperhatikan dan mendapatkan pelayanan yang sangat baik. Lebih dari itu saya lega sekali karena banyak mendengar cerita dari yang lain kalau berobat dengan kartu ini tidak perlu mengeluarkan biaya karena semua dijamin JKN-KIS,” tutur Uswatun.

Saat ditemui Tim Jamkesnews Uswatun menceritakan pengalaman pada saat akan melahirkan buah hati keduanya. Dan perbincangan yang selama ini didengar dari masyarakat di sekitarnya ternyata benar adanya. Ia merasa terkesan karena seluruh biaya lahirannya ditanggung oleh pemerintah melalui Program JKN-KIS.

“Sebenarnya saya menderita wasir, jadi pada saat proses persalinan anak saya yang kedua saya diharuskan untuk sesar. Saya tau biaya sesar sangat mahal dan saya tidak mampu untuk membiayainya jika harus menggunakan uang pribadi. Tetapi bersyukur sekali karena saya sudah terdaftar peserta PBI seluruh biaya persalinan saya dijamin JKN-KIS sesuai prosedur. Bayi saya lahir dengan selamat karena hadirnya program JKN-KIS ini, Ditambah lagi pelayanan di rumah sakit waktu itu juga  baik. Membuat saya nyaman dan tenang,” ungkapnya.

Pada akhir percakapan, Uswatun tak lupa menyampaikan rasa terima kasih serta harapannya untuk program JKN-KIS agar dapat diselenggarakan secara optimal dan berkesinambungan, mengingat sudah banyak masyarakat yang sangat terbantu dengan terselenggaranya program JKN-KIS ini.

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah yang melalui BPJS Kesehatan telah menyelenggarakan program JKN-KIS. Program ini sangat membantu bagi masyarakat kurang mampu seperti kami, semoga terus maju dan tetap terus ada untuk masyarakat Indonesia,” tutup Uswatun. (FR/aa)