03 Des 2019
  |  
Dilihat : 8761 kali

Bersyukur Diperhatikan Pemerintah Lewat JKN-KIS

Narasumber : Susilowati

Magelang, Jamkesnews – Pemerintah telah mengalokasikan sejumlah dana untuk memastikan masyarakat yang tidak mampu terlindungi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Keberadaan program ini dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat yang berpenghasilan rendah, seperti Susilowati (53).

“Saya merasa bersyukur karena pemerintah sangat memperhatikan masyarakat tidak mampu seperti diri saya, sehingga tidak pusing-pusing lagi memikirkan biaya apabila jatuh sakit,” katanya saat ditemui Jamkesnews di Rumah Sakit Tentara Kota Magelang, Kamis (28/11).

Susilowati bersama suami dan kedua anaknya terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN sejak Program JKN-KIS bergulir. Sejak itu pula, sudah beberapa kali ia dan keluarganya merasakan manfaat JKN-KIS ini.

"Kalau dihitung-hitung, entah sudah berapa rupiah yang harus saya bayarkan kalau tidak ikut dalam Program JKN-KIS. Uang dari mana itu, kalau saya harus bayar sendiri. Jangankan untuk bayar biaya berobat, untuk makan sehari-hari saja sudah ngepas,” ucapnya.

Seperti saat ini, dia harus rawat inap di rumah sakit karena sakit tipes. Ia terpaksa menjalani rawat ini beberapa hari di rumah sakit. Menurut Susilowati, awalnya ia hanya merasakan panas saja dan diberi obat-obatan penurun panas.

"Karena sudah beberapa hari tidak turun-turun panasnya sehingga diputuskan untuk berobat ke rumah sakit, oleh dokter Puskesmas akhirnya saya dirujuk ke rumah sakit," ceritanya.

Dia menuturkan tentang pelayanan yang selama ini didapatkan baik di Puskesmas maupun di rumah sakit, semuanya terasa mudah dan tidak berbelit, bahkan administrasinya tidak serumit yang dibayangkan sebelumnya.

“Saya dilayani dengan baik, meskipun saya dari peserta yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah dan menempati kelas 3, semua petugas rumah sakitnya tidak membeda-bedakan. Dari perawat dan dokter, semuanya tetap ramah, bahkan administrasinya dari pendaftaran sampai masuk ruang perawatan, semuanya sangat mudah,” katanya terkesan. (ma/wt)