09 Okt 2019
  |  
Dilihat : 12 kali

Puskesmas Pudak Payung Semarang Hadirkan Layanan Tanpa Antrian

Narasumber :

Semarang, Jamkesnews - Sebagai salah satu dari 37 Puskesmas di Kecamatan Banyumanik yang ada di Kota Semarang, Puskesmas Pudakpayung terus berbenah diri untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kelurahan Pudakpayung dan Gedawang. Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan, Puskemas Pudakpayung pun menciptakan aplikasi Puskesmas Tanpa Antrian Kota Semarang (PUSTAKA).

“Jadi pasien apabila ingin berobat ke Puskesmas Pudakpayung bisa jauh-jauh hari  mendaftarkan jadwal pengobatannya melalui aplikasi PUSTAKA yang bisa diunduh di Playstore maupun melalui sms dan Whatsapp PUSTAKA Puskesmas Pudakpayung Semarang. Khusus untuk yang melalui Whatsapp, pendaftaran dimulai maksimal H-3 sebelum kunjungan,” kata Kepala Puskesmas Pudakpayung Semarang Fina Lutfiya Rahmi, Senin (08/10).

Rata-rata jumlah pengguna aplikasi PUSTAKA di Puskesmas Pudakpayung mecapai 200 pasien per bulan dan terus meningkat. Mengingat pasien yang telah mendaftar melalui aplikasi PUSTAKA sudah mendapat nomor antrian, sehingga ketika datang hanya perlu melapor ke petugas untuk check-in.

Puskesmas Pudakpayung mengubah jam layanannya menjadi lebih panjang dengan harapan makin banyak peserta JKN-KIS dan masyarakat yang dapat memanfaatkan layanan Puskesmas Pudakpayung.

“Untuk sementara pelayanan yang kami buka baru poli umum, untuk selanjutnya akan dibuka full untuk poli gigi. Sehingga jam pelayanan di Puskesmas untuk hari Senin sampai Kamis dimulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore, hari Jumat jam 7 pagi sampai 3 sore, dan tiap Sabtu dimulai dari jam 7 pagi sampai jam 12 siang,” tambah Fina.

Perlu diingat bagi pasien yang akan berobat, untuk jam loket pendaftaran pengobatan ditutup 1 jam sebelum jam pelayanan usai, sehingga pasien diharapkan untuk bisa mendaftar tepat waktu agar bisa tetap dilayani.

“Kami dari BPJS Kesehatan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada pemerintah daerah dan petugas pelayanan kesehatan di Puskesmas, atas kontribusinya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, termasuk peserta JKN-KIS. Harapannya dengan inovasi-inovasi ini para pasien yang sedang sakit merasa nyaman dan puas untuk berobat di Puskesmas, sehingga tanpa berobat ke rumah sakitpun segala keluhan akan sakit sudah tuntas,” kata Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Semarang Asri Wulandari. (ma/hm)