08 Okt 2019
  |  
Dilihat : 30 kali

Christina, Satu dari Jutaan Peserta yang Rasakan Manfaat JKN-KIS

Narasumber : Christina Wijaya

Palembang, Jamkesnews – Christina Wijaya merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Peserta Bukan Penerima Upah yang telah mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS sejak tahun 2015 silam. Salah satu anaknya terkena gangguan asam lambung yang mengharuskannya dirawat inap di rumah sakit Siloam Sriwijaya Palembang. Untungnya, Christina selalu membayar iuran JKN-KIS tepat waktu sehingga biaya perawatan sang anak tak jadi beban pikiran.

“Dulu niat saya mendaftar adalah untuk menjamin kesehatan keluarga saya dan selama ini jika sakit kami selalu menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat. Bersyukur sekali saat anak saya mendadak harus dirawat, sudah tidak perlu pusing memikirkan biaya lagi karena sudah dijamin BPJS Kesehatan. Sejauh ini pelayanan yang kami terima sangat memuaskan,” ujar Christina kepada Jamkesnews, Senin (07/10).

Christina mengatakan, dirinya tidak menemui kendala apapun saat mengantar sang anak masuk IGD hingga menjalani rawat inap. Tenaga medis memberikan pelayanan dengan cepat dan tanggap, sementara urusan administrasi pun diakuinya tidak sulit.

“Kartu JKN-KIS ini merupakan kartu yang hebat, kami tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk biaya pengobatan dan ketika dirawat pun kami mendapatkan fasilitas kesehatan sesuai hak kelas kami. Bisa dibayangkan berapa biaya yang harus kami keluarkan untuk perawatan anak kami di rumah sakit ini jika tidak ada kartu JKN-KIS ini,” tutur Christina.

Ia juga berharap program tersebut terus ada dan semakin menumbuhkan rasa sadar masyarakat akan pentingnya bergotong-royong demi mendapatkan kemudahan bersama.

“Semoga pelayanan yang dilakukan fasilitas kesehatan kepada peserta JKN-KIS khususnya terus ditingkatkan. Saya juga berharap, mudah-mudahan masyarakat bisa lebih menyadari betapa berharga dan bermanfaatnya Program JKN-KIS ini. Ada ratusan bahkan jutaan masyarakat yang telah merasakan manfaat Program JKN-KIS ini,” tutup Christina. (RW/md)