12 Sep 2019
  |  
Dilihat : 10317 kali

Persalinan Lancar dengan JKN-KIS

Narasumber : Yanti Oktavia

Tondano, Jamkesnews - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus mengembangkan dan meningkatkan pelayanan kepada pesertanya. Kendati masih membutuhkan sejumlah perbaikan di beberapa sistemnya, bagaimanapun juga BPJS Kesehatan telah memberikan kemudahan bagi banyak orang untuk mengakses layanan kesehatan.


Pada dasarnya, semua penanganan kesehatan ditanggung BPJS Kesehatan asalkan sesuai dengan indikasi medis, mengikuti prosedur dan ketentuan yang ditetapkan. Untuk itu, sangat penting  bagi masyarakat memahami berbagai ketentuan dan juga prosedur yang diterapkan dalam pelayanan kesehatan. Hal ini diharapkan agar kelak masyarakat  tidak mengalami kendala atau hambatan dalam mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan. Salah satunya adalah persalinan.


Guna mendapat layanan ini, peserta harus menjadi peserta JKN-KIS yang aktif, di mana yang bersangkutan terdaftar dan secara rutin memenuhi kewajibannya dalam pembayaran iuran setiap bulan.Terkait dengan layanan persalinan, semua kelas yang ada di BPJS Kesehatan akan mendapatkan layanan yang sama. Artinya, tidak ada perbedaan layanan fasilitas kesehatan yang akan didapatkan peserta, meskipun dirinya berasal dari fasilitas kelas yang berbeda.


Hal tersebut dirasakan oleh Yanti Oktavia (33) sebagai pegawai honorer di Instansi Pemerintah Kota Tomohon yang telah menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2011. Dimana pada tahun 2016 dirinya melahirkan anak keduanya di salah satu rumah sakit di wilayah Kota Tomohon.

”Selama dirawat, saya tidak mengalami kendala, pelayanan memuaskan. Saya ditangani oleh dokter dan tenaga medis lainnya. Tidak ada biaya yang saya keluarkan selain iuran. hebatkan? Puji Tuhan! Terima kasih BPJS. ” Ungkapnya penuh syukur. 


Bicara soal biaya persalinan, saat ini diketahui bersama biaya pelayanan kesehatan sangat tinggi. "Beruntung saat ini ada Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ini. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah terkait dengan proses persalinan. itu yang saya alami.  Dengan adanya Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan tentu diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat, khususnya masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah,” tutupnya. (tm/ap)