11 Sep 2019
  |  
Dilihat : 16 kali

Program JKN-KIS Bantu Pemasangan Ring Jantung Petani Ini

Narasumber : Sudaryanto

Bengkulu, Jamkesnews –Memasuki tahun ke-6 berjalannya Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, sudah banyak peserta yang merasakan manfaat Program JKN-KIS. Sudaryanto adalah salah satu dari sekian juta peserta yang sudah merasakan manfaat tersebut.

Bapak dua anak yang berprofesi sehari-hari sebagai seorang petani di Desa Air Dingin Kabupaten Lebong ini adalah penderita sakit jantung yang telah dilakukan pemasangan ring jantung. Ia pun mengucapkan terima kasih terhadap keberadaan Program JKN-KIS. Sudaryanto menceritakan pengalamannya ketika berobat menggunakan kartu JKN-KIS kepada Jamkesenews saat melakukan kunjungan ke kediamannya, Selasa (10/9).

“Awalnya saya sering merasakan nyeri di sekitar dada. Setelah dokter melakukan pemeriksaan ternyata terdapat penyumbatan di jantung saya, saya pun dianjurkan oleh dokter untuk segera menjalani pemasangan ring di jantung. Alhamdulillah setelah melalui operasi dan tindakan medis lainnya, pemasangan ring dapat berjalan lancar. Saya sangat bersyukur karena tidak mengeluarkan biaya selama saya dirawat di RSUD M Yunus,” kenang Sudaryanto yang merupakan peserta JKN-KIS dari segmen PBI APBN sejak tahun 2014.

Sudaryanto pun mengungkapkan rasa syukurnya terhadap keberadaan Program JKN-KIS. Ia berharap ke depannya Program JKN-KIS ini tetap selalu ada karena sangat terbantu dengan adanya program ini.

“Saya merasa sangat terbantu dengan adanya kartu JKN-KIS ini. Kalo tidak ada kartu ini, saya tidak tahu dari mana saya harus mendapatkan uang untuk biaya pemasangan ring jantung ini. Untuk peserta JKN-KIS lain, mudah-mudahan bisa selalu membayar iuran tepat waktu setiap bulan agar iurannya tidak terasa berat. Karena kita tidak tahu kapan kita sakit. Dengan kita membayar iuran tepat waktu setiap bulan berarti kita telah membantu saudara-saudara kita yang sakit,” ungkap Sudaryanto. (RW/dw)